Categories: DaerahkuMaluku

Pengurus Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Malteng Dilantik

Share

AMBONKITA.COM,-  Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Maluku Tengah (Malteng) 2021-2026 dilantik.

Pelantikan oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail, berlangsunh di Baileo Soekarno, Masohi, Kabupaten Malteng, Senin (13/6/2022).

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Maluku Nomor : 01 Tahun 2022 tentang Pengukuhan Pengurus Mabicab Gerakan Pramuka Malteng itu diketuai oleh Bupati Malteng, Abua Tuasikal.

Widya Pratiwi dalam sambutannya menyampaikan selamat atas dilantiknya  pengurus Mabicab, dan Kwarcab, serta Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Cabang Malteng masa bakti 2021-2026.

“Kita patut bersyukur bahwa hingga saat ini Kwartir Daerah dan juga sejumlah Kwartir Cabang semakin berbenah diri untuk ikut berperan dalam menata  organisasi lingkup kwartir masing-masing,” kata Widya.

Bagi Widya, eksistensi serta semangat kakak-kakak dalam mengembangkan gerakan pramuka khususnya di tingkat Kwartir Cabang sejalan dengan ikhtiar Pemerintah yang dituangkan dalam bentuk Undang-Undang No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Dalam kerangka besar itulah, Widya optimis Mabicab Malteng lebih menitikberatkan perhatian pada program fasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan. Mengingat Gerakan Pramuka merupakan organisasi yang membangun kepribadian dengan mengembangkan potensi diri serta memiliki akhlak mulia demi pencapaian kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA: KNPI Gelar Halal Bihalal, Gubernur Maluku: Semua Memiliki Tanggung Jawab Wujudkan Kedamaian

Merujuk pada perkembangan situasi sekarang yang semakin selaras, Widya mengaku cenderung menggaris bawahi kekompakan, kebersamaan dan kekeluargaan baik di lingkungan internal maupun eksternal. Kekompakan, kebersamaan dan kekeluargaan merupakan kebutuhan penting untuk mencapai sebuah keberhasilan, Kwartir Cabang sebagai ujung tombak penyelenggaraan pendidikan kepramukaan. Ini akan terus bersinergi dengan Kwartir Daerah yang berperan sebagai fasilitator.

”Perkokoh jalinan hubungan antar setiap tingkatan kwartir, seluruh jajaran pengurus kwartir untuk memantapkan jati diri dengan berpedoman pada nilai etika, kaidah agama serta Satya Dharma Pramuka,” pintanya.

Suksesnya pelantikan kepengurusan, lanjut dia, juga mencerminkan kwartir cabang semakin dewasa dalam menyikapi serta memahami pentingnya upaya sinergis dari seluruh komponen kwartir. Karena sekarang waktunya yang paling tepat bagi kita untuk bersatupadu menghasilkan karya positif selaku orang muda yang suka berkarya.

Ia berharap proses pelantikan yang dilaksanakan ini semakin menggugah peran aktif kwartir cabang dalam mensukseskan agenda-agenda kepramukaan.

“Khusus untuk pengurus yang baru dilantik, tak lupa saya mengucapkan selamat berbakti dan mengabdi untuk Pramuka Kwartir Cabang Maluku Tengah,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Maluku Tengah, Abua Tuasikal, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail, yang telah memberikan amanah kepada dirinya.

“Saya yakin dan optimis, bahwa pelantikan hari ini, akan menjadi motivasi dan semakin memperkuat eksistensi dan peran Gerakan Pramuka di Maluku, dan khususnya di Maluku Tengah, sebagai garda terdepan pelaku perubahan dalam pembentukan karakter generasi muda bangsa,” ungkapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024