Categories: Ambonkukesehatan

Penuhi Tiga Indikator Pelayanan Ini, RS Bhayangkara Ambon Raih Penghargaan BPJS Kesehatan

Share

AMBONKITA.COM,- Penuhi tiga indikator ini, Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Ambon meraih penghargaan dari BPJS Kesehatan sebagai RS Terbaik dalam Berkomitmen Pelayanan JKN di wilayah Indonesia Timur.

“Untuk indikator penilaian Rumah Sakit Berkomitmen Pelayanan JKN Tahun 2022
diantaranya adalah pertama, Komitmen rumah sakit terhadap kualitas pelayanan kepada Peserta JKN dalam
pelaksanaan kerja sama,” ungkap HS Rumondang Pakpahan, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Senin (24/10/2022).

Penilaian terhadap komitmen RS terhadap kualitas pelayanan kepada peserta JKN dalam pelaksanaan kerja sama, diantaranya terdiri dari updating display tempat tidur. Hal ini untuk memudahkan peserta dalam mengakses dan mengontrol ketersediaan tempat tidur, sehingga bisa mengetahui berapa tempat tidur yang tersedia jika harus dirawat.

“Yang kedua yakni display tindakan operasi terhubung dengan Mobile JKN dan Sistem antrean RS terhubung dengan Mobile JKN, dengan terhubung ke mobile JKN tentunya hal ini sangat memudahkan peserta dan memberikan kepastian kepada peserta, peserta dapat mengambil nomor antrian dari rumah, kapan ke rumah sakit dan mendapatkan kepastian antrean, mengetahui antrean yang sedang dilayani, serta sisa antrean, hanya dari telepon seluler,” jelasnya.

BACA JUGA: Kapolda Maluku Jenguk Pasien Operasi Bibir Sumbing Gratis di RS Bhayangkara

Ketiga, lanjut Pakpahan, yaitu tindak lanjut dan penyelesaian keluhan peserta terkait layanan kesehatan di FKRTL.

“Keempat yaitu Survey pemahaman regulasi JKN, Tingkat kepuasan peserta di FKRTL, dan Capaian rekrutmen peserta PRB Profiling Rumah Sakit,” ungkapnya.

Indikator penilaian kedua, lanjut Pakpahan yaitu terkait keterediaan jumlah tempat tidur rawat inap.

“Dan indikator yang ketiga yaitu Pengelolaan Klaim Kualitas pengajuan klaim RS sampai dengan beban Juli (Mengacu pada PKS bahwa pengajuan
klaim reguler adalah satu bulan pelayanan penuh atau minimal 75% dari jumlah SEP
terbit),” pungkasnya.

Menurutnya, penilaian dimulai dari cabang. Penilaian oleh asosiasi Fasilitas Kesehatan (Faskes). Setelah itu kemudian diajukan ke kedeputian wilayah yang wilayah kerjanya meliputi Sulawesi Selatan, Sulawessi Barat, Sulawessi Tenggara dan Maluku. Selanjutnya diajukan ke kantor pusat BPJS Kesehatan.

“Dan kantor pusat memilih nominasi memang rumah sakit Bhayangkara (Ambon) saja yang masuk. Kalau kita wilayah cakupan kerjanya itu Sulawesi Selatan, Sulawessi Barat, Sulawessi Tenggara sama Maluku (Indonesia Timur),” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, penghargaan dan apresiasi yang diterima RS milik Polda Maluku ini disampaikan dalam Pertemuan Nasional Faskes BPJS, yang diselenggarakan pada Rabu (19/10/2022).

Kabid Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Maluku, Kombes Pol dr. Aris Sukarno., Sp. OG, mengaku bangga dengan peraihan RSB sebagai Faskes terbaik di Indonesia Timur.

“Kami tentunya bangga, karena meskipun berada di wilayah Timur Indonesia yang dianggap minim tapi mampu memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat,” kata Aris, Kamis (20/10/2022).

Aris mengaku penghargaan yang diterima tentunya sudah melalui penilaian dari instansi berkompeten, dalam hal ini BPJS Kesehatan.

“Dan penghargaan ini akan kami jadikan sebagai spirit dan motivasi dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat,” ungkapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024