Categories: Maluku

Peringatan Harla Pancasila Digelar Polda Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Kepolisian Daerah Maluku menggelar upacara peringatan hari lahir (Harla) Pancasila, Kamis (1/6/2023). Upacara yang sedianya dilaksanakan terbuka di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, terpaksa diputuskan di Gedung Sport Center Polda Maluku karena hujan yang mengguyur Kota Ambon dan sekitarnya sejak pagi tadi.

Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, bertindak sebagai inspektur upacara yang turut dihadiri Wakapolda Brigjen Pol Stephen M. Napium, Irwasda, dan seluruh pejabat utama Polda Maluku.

Presiden RI Joko Widodo dalam amanatnya yang dibacakan Kapolda Maluku mengingatkan seluruh komponen bangsa bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar serta pandangan hidup bangsa Indonesia.

Pancasila merupakan dasar ideologi maupun pemersatu bangsa dan sumber dari segala sumber hukum negara. Pancasila merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman, sekaligus bintang penuntun dinamis yang memandu kehidupan bangsa. Hal ini agar sesuai dengan cita-cita pendiri negara untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Pancasila itu digali dan lahir dari bumi Indonesia dan menjadi konsensus Nasional,” katanya.

BACA JUGA: Cuaca Ekstrim, Kapolda Maluku Siagakan Personil Bantu Masyarakat Terdampak

Rakyat Indonesia sudah selayaknya mengaktualisasikan dan senantiasa mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sebab, Pancasila juga mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan religius bangsa Indonesia.

“Maka dengan demikian Pancasila bukanlah wacana belakang melainkan realitas objektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat politis historis maupun kultural bangsa Indonesia,” ucapnya.

Menurutnya, Pancasila merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air, sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

“Dengan nilai-nilai Pancasila kita dapat saling menghargai, bekerja sama dan saling menghormati antar anak bangsa, dan berkat Pancasila juga toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam Bhineka Tunggal Ika,” ungkapnya.

Kepada seluruh komponen bangsa, Presiden meminta untuk selalu bersyukur dan berterima kasih kepada para pendiri bangsa di masa lalu. Karena dengan pengorbanan yang gigih dapat membangun bangsa Indonesia, “serta merumuskan Pancasila sebagai dasar Negara Negara kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024