Perkara Korupsi PT Kalwedo Masuk Pengadilan Tipikor Ambon

Share

AMBONKITA.COM,- Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi anggaran pengelolaan KMP Marsela oleh PT Kalwedo ke Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipkor) Ambon, Rabu (24/11/2021).

Perkara yang merugikan negara sebesar lebih dari Rp 2,1 miliar ini menjerat tiga orang tersangka masing-masing Lukas Tapilouw, Manager Keuangan, Jois Lerick dan Bily Ratuhonlory selaku Plt Direktur PT Kalwedo.

“Hari ini kami sudah melimpahkan berkas perkara kasus dugaan korupsi pada PT Kalwedo. Pelimpahan berkas dipimpin Kasi Penuntutan Achmad Attimimi,” kata Kepala Seksi Penerangan dan Humas Kejati Maluku Wahyudi Kareba, kepada AmbonKita.com.

Wahyudi mengaku, pelimpahan berkas perkara ke PN Tipikor Kelas IA Ambon ini dilakukan setelah surat dakwaan dinyatakan rampung.

“Dengan demikian tidak lama lagi, perkara itu akan segera disidangkan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, PT Kalwedo merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Maluku Barat Daya yang mengelola KMP Marsela.

Pada tahun 2016-2017, terjadi penyalahgunaan anggaran operasional KMP Marsela. Berdasarkan perhitungan auditor dari BPKP Maluku, kasus korupsi ini telah merugikan negara sebesar lebih dari Rp 2,1 miliar atau tepatnya Rp 2.122.441.652.

Kejati Maluku kemudian menjerat tiga tersangka masing-masing Lukas Tapilouw, Manager Keuangan, Jois Lerick dan Bily Ratuhonlory selaku Plt Direktur PT Kalwedo.

Lukas Tapilouw, dan Bily Ratuhonlory ditahan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Ambon. Sementara Jois Lerick ditahan di Lapas Perempuan Ambon.

 

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024