Categories: Hukum KriminalMaluku

Personil Polda Maluku Latihan Identifikasi Korban Bencana yang Susah Dikenali

Share

AMBONKITA.COM,- Personil Polda Maluku mengikuti pelatihan Disaster Victim Identification (DVI) yang digelar Bidang Dokter dan Kesehatan (Biddokkes).

Kegiatan yang berlangsung di Rupatama Mapolda Maluku, Kota Ambon, Selasa (28/3/2023), ini dibuka langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif.

Kabid Dokkes Polda Maluku Kombes Pol dr. Aris Sukarno mengawali pengantarnya menyampaikan selamat datang kepada Kabid DVI Pusdokkes Polri beserta staf.

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketangguhan dan kemampuan personil Bidang Dokkes Polda Maluku. Sehingga dapat melakukan penanganan penanggulangan bencana yaitu menyelamatkan korban yang tidak bisa dikenali.

BACA JUGA: Kasus Penembakan Oknum Anggota BNN di Tual Dihentikan, Ini Penyebabnya

Untuk mencapai keberhasilan penanganan korban bencana terutama tempat indentifikasi, kata Aris, diperlukan sumber daya yang berkualitas dalam setiap tahapan penanganan baik pengetahuan maupun pelaksanaan kegiatan.

“Pelatihan DVI ini juga dapat terlaksana atas kerjasama dan dukungan dari pihak-pihak terkait seperti Basarnas Ambon, BPBD Maluku, Damkar kota Ambon, dan Dinas Kesehatan kota Ambon,” ungkapnya.

Kapolda Maluku Lotharia Latif dalam sambutannya membuka kegiatan tersebut, juga menyampaikan selamat datang kepada tim DVI Pusdokes Mabes Polri.

Kedatangan tim DVI Pusdokes Mabes Polri untuk memberikan pengetahuan dan peningkatan kemampuan personil, khususnya Polda Maluku dan jajaran serta instansi terkait.

“Kami harap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan personil dalam menjalankan tugas-tugas DVI dan tugas operasional kedokteran kepolisian,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga menyampaikan terima kasih kepada Kabid Dokkes Polda Maluku serta seluruh panitia dan instansi terkait atas kerjasama, dan sinergitasnya dalam memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif.

“Semoga sinergitas ini dapat terpelihara dengan baik dan terus ditingkatkan,” pintanya.

Irjen Latif berharap pelatihan DVI ini dapat menjadi bekal dan perubahan untuk menyelamatkan korban yang mengalami bencana. Baik itu korban meninggal dunia, maupun selamat.

“Terkhususnya kepada korban-korban yang susah dikenali yang perlu harus ditangani  secara profesional, mengingat wilayah Maluku merupakan daerah rawan banjir rawan gempa dan rawan tsunami,” ujarnya.

Kapolda meminta agar pelatihan ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kembali semangat, disiplin dan etos kerja dalam melaksanakan tugas.

“Jadikan juga kegiatan ini untuk memberikan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024