Categories: Daerahku

PLN Siap Amankan Listrik pada Penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi di Saumlaki

Share

AMBONKITA.COM,- PT PLN (Persero) siap mengamankan pasokan listrik pada penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 29 tingkat provinsi Maluku yang akan dihelat di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Untuk mengamankan pasokan listrik, sebanyak 59 personel dikerahkan. Mereka akan menjaga keandalan sistem kelistrikan sejak 15 – 24 Maret 2022 yang tersebar di 10 titik lokasi kegiatan.

Adapun kegiatan MTQ akan berlangsung sejak 18 – 24 Maret 2022. Pembukaannya dilaksanakan di Lapangan Mandriak, Saumlaki.

Khusus untuk acara pembukaan MTQ di Lapangan Mandriak, PLN menyiapkan 2 unit Genset Mobile berkapasitas 200 kilo watt (kW) dan 100 kW di lokasi tersebut.

PLN juga memperkuat keandalan pasokan kelistrikan dari Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) pada sistem kelistrikan Saumlaki sebagai backup sistem yang di supply dari PLTD Bomaki.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Adams Yogasara, mengaku, pihaknya secara proaktif terus melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar maupun Panitia Penyelenggaraan MTQ, terutama terkait dengan pengamanan kelistrikan di lokasi-lokasi yang akan digunakan dalam kegiatan tersebut.

“Kami siap untuk mengamankan pasokan kelistrikan penyelenggaraan MTQ, baik mulai dari pameran yang berlangsung tanggal 17 Maret 2022, sebelum kegiatan pembukaan sampai dengan penutupan perhelatan akbar ini serta kelistrikan di Saumlaki secara umumnya selepas kegiatan ini berlangsung,” ungkap Adams.

Selain itu, PLN, juga turut menyiagakan 7 unit Genset berkapasitas mulai dari 5 kW, 8 kW, 20 kW dan 40 kW.

PLN juga memastikan ketersediaan pasokan listrik di Saumlaki cukup. Saat ini sistem kelistrikan Saumlaki memiliki daya mampu sebesar 6,3 Megawatt (MW) dengan beban puncak 4,81 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 1,49 MW. Sementara beban puncak kelistrikan selama gelaran MTQ XXIX ini diprediksi mencapai 5,3 MW.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024