Categories: DaerahkuMaluku

PTGMI Maluku Sosialisasi Kesehatan Gigi kepada Siswa MTs Nurul Tsaqalain Hila

Share

AMBONKITA.COM,-  Persatuan Terapis Gigi dan Mulut (PTGMI) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Maluku menggelar bhakti sosial yaitu sosialisasi kesehatan gigi dan mulut kepada siswa MTs Nurul Tsaqalain, Negeri Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (5/2/2022).

Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih 30 orang Terapis Gigi dan Mulut (TGM) di Pulau Ambon ini dilaksanakan dalam menyambut Musyawarah Daerah (Musda) II PTGMI DPD Maluku.

Bhakti sosial dengan mengusung tema “Bersama PTGMI DPD Maluku kita wujudkan Indonesia bebas karies 2030” ini juga dilaksanakan di hari yang sama di Kota Tual, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Buru Selatan, dan Maluku Tengah.

Bhakti sosial meliputi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, cara menyikat gigi yang baik dan benar, waktu yang tepat dalam menyikat gigi, juga tentang bahaya lubang (caries) gigi dalam proses tumbuh kembang anak usia sekolah.

“Kita juga lakukan demo sikat gigi massal secara langsung kepada seluruh siswa dan siswi MTs Nurul Tsaqalain, dan dilanjutkan pemeriksaan gigi guna mengetahui derajat kebersihan gigi di mulut para siswa MTs,” kata Sumiati, Ketua Panitia.

Sumiati mengaku, kegiatan ini bukan untuk yang terakhir. Ke depan pihaknya juga akan melakukan kegiatan serupa di seluruh wilayah provinsi Maluku.

“Kita akan menggiatkan di seluruh wilayah Maluku, di mana kita dapat melihat masih rendahnya pengetahuan siswa tentang tata cara merawat kebersihan gigi dan mulut serta bahaya yang dapat ditimbulkan,” kata Sumiati yang bertugas di Puskesmas Hila tersebut.

Ia berharap kegiatan yang dilaksanakan PTGMI Maluku dapat membuat kesadaran pribadi siswa lebih meningkat saat mereka kembali ke rumah masing-masing. Bahkan diharapkan para siswa bisa menjadi agent perubahan pola tingkah hidup minimal dalam keluarga tentang pentingnya memelihara kebersihan gigi dan mulut.

“Ini diharapkan penting sehingga kita harapkan visi Indonesia bebas karies 2030 dapat kita wujudkan bersama di bumi Maluku,” harapnya.

Untuk diketahui, kegiatan itu dihadiri Andi Arifin, Ketua PTGMI DPD Maluku beserta pengurus.

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024