Categories: Hukum KriminalMaluku

Puslitbang Polri Menilai Pelayanan Publik Polda Maluku Sangat Baik

Share

AMBONKITA.COM,- Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melakukan penelitian di wilayah hukum Polda Maluku. Mereka menilai pelayanan publik pada Polda Maluku sangat baik.

Hal itu terungkap saat Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menerima kunjungan dari tim Puslitbang Polri yang diketuai Kombes Pol Saefudin Mohamad, di ruang kerjanya, Kamis (30/3/2023).

Ketua tim Puslitbang Polri, Saefudin Mohamad dihadapan Kapolda Maluku, mengaku pihaknya telah melaksanakan penelitian pada Polres jajaran di wilayah hukum Polda Maluku. Ia mengatakan secara umum pelayanan Polda Maluku baik, meski masih terdapat beberapa kekurangan yang harus dibenahi.

“Dari hasil penelitian tim kami di lapangan kami menilai secara umum satuan jajaran Polda Maluku sudah baik namun ada beberapa hal yang perlu juga untuk dibenahi dan ditingkatkan, seperti pelayanan disabilitas, kehadiran anggota lalulintas dan Bhabinkamtibmas,” katanya.

BACA JUGA: Satgas Mafia Tanah akan Dibentuk di Maluku

Untuk fungsi Binmas, tim Puslitbang Polri berharap agar kegiatannya dapat ditingkatkan lagi. Karena respon masyarakat terhadap fungsi Binmas masih ada yang minim.

Selain Binmas, fungsi Lalulintas yang berada di jajaran Polda Maluku juga perlu ditingkatkan. Pasalnya, respon masyarakat terkait penanganan kecelakaan lalulintas masih agak lambat.

“Sehingga kesimpulan dari kami harus segera dibenahi pelayanan dan kegiatannya. Namun secara umum kami menilai bahwa Polda Maluku masih sangat baik dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dari hasil kerja tim penelitian yang dilakukan pada 5 Polres jajaran, Polda Maluku dikategorikan masih sangat baik dengan nilai di atas 80%.

Kapolda Maluku Lotharia Latif, menyambut baik hasil penelitian yang telah disampaikan tim Puslitbang Polri di wilayah hukum Polda Maluku.

“Saya sangat mendukung dan mengapresiasi hasil penelitian dari tim Puslitbang Polri terhadap Polda Maluku,” ungkap Kapolda yang didampingi Karo Rena Polda Maluku Kombes Pol Sus Edi Tafif.

Irjen Latif juga mengakui kalau penelitian yang dilakukan merupakan hal yang baik dalam pengukuran tingkatan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Polri.

“Untuk diketahui rekan-rekan sekalian bahwa Polda Maluku masih kekurangan personil padahal wilayah hukum Polda Maluku adalah wilayah Kepulauan yang mana jalur transportasi sangat terbatas,” ujarnya.

Kapolda berharap dengan hasil penelitian tersebut bisa diteruskan ke Mabes Polri agar dapat dilakukan evaluasi dalam memajukan Polda Maluku ke depan.

“Saya juga titipkan kepada tim agar disampaikan ke Mabes Polri agar bisa ditambahkan kuota anggota Polri untuk Polda Maluku, dan penambahan peralatan yang cocok untuk wilayah kepulauan,” harapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024