Rapat dengan Komisi III DPR RI di Ambon Kapolda Harap Penambahan 6.000 Personil

Share

AMBONKITA.COM- 7 anggota Komisi III DPR RI melakukan kunjungan kerja dalam rangka reses di Kota Ambon, Maluku, Jumat (8/10/2021).

Tiba di Ambon, tim yang dipimpin wakil ketua komisi III, Pangeran Khairul Saleh ini langsung mendatangi Markas Polda Maluku.

Kedatangan wakil rakyat dari Senayan, Jakarta, itu diterima langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri, dan Wakapolda Brigjen Pol Jan de Fretes.

Pertemuan antara jajaran Polda Maluku bersama komisi III tersebut dilangsungkan di Ruang Rapat Utama, Markas Polda Maluku di Ambon.

Turut hadir dalam rapat itu yakni Kepala BNNP Maluku Brigjen Pol Rahman Nursahid, dan Kapolresta Pulau Ambon beserta jajaran yang ikut secara virtual.

Kapolda dalam pertemuan itu menjelaskan tentang situasi dan kondisi provinsi Maluku yang terdiri dari kepulauan. Terdapat sekitar 1.400 lebih pulau-pulau di daerah para Raja-raja ini.

Dari jumlah pulau tersebut, berbanding terbalik dengan personil kepolisian yang sangat minim dan diperhadapkan dengan berbagai persoalan.

“Idealnya jumlah personil Polda Maluku harus 14.000, namun jumlah personil hanya 8.000. Jadi kami masih kekurangan sebanyak 6.000,” ungkap Refdi, sembari mengaku wilayah hukum yang dipimpinnya terdiri dari 92 – 93 persenya lautan.

“Personil Polair kami hanya 273, kapal yang kami miliki hanya yang Tipe C1, C2 dan C3. Idealnya setiap polres harus punya 40 personil Polair, dan untuk 16 Polsek Pesisir harus punya Kapal,” sebutnya.

Mengenai Sumber Daya Manusia (SDM), mantan Kakorlantas Polri ini mengaku prinsipnya semua orang berharap yang terbaik, naik pangkat, sekolah dan jabatan.

“Semua pejabat di Polda Maluku adalah jabatan B2 sehingga peluang sekolah berkurang. Dan di Polda Maluku sangat kekurangan perwira,” ujarnya.

Page: 1 2

Recent Posts

Hukum Adat Kei untuk Keadilan Korban Kekerasan Seksual

Fauziah A Ngabalin AMBONKITA.COM,- Dalam Kitab Hukum Adat Masyarakat Kepulauan Kei, Provinsi Maluku, memiliki aturan…

05/19/2024

KKP Amankan Kapal Ikan Asing Berbendera Rusia di Laut Arafura

AMBONKITA.COM,- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengamankan satu Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Rusia di…

05/19/2024

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024