Categories: HeadlineMaluku

Refleksi Hari Perempuan Internasional; Seperti Apa Kebijakan Pro Perempuan?

Share

Penulis : Hijrah 

AMBONKITA.COM- Setiap tanggal 8 Maret perempuan diberbagai belahan dunia,  merayakan Internasional Woman Day (IWD) dimana kontribusi dan peran perempuan menjadi sorotan. Tahun ini, tema yang diangkat adalah #ChooseToChallenge.

Hari Perempuan Internasional ini sudah diperingati sejak 1977 namun hingga saat ini kebijakan pro perempuan dirasa belum mewakili seluruh kepentingan perempuan, terutama di Indonesia.

Menurut Lusi Peilouw, aktifis perempuan  yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua di P2TP2A Provinsi Maluku, masih memerlukan advokasi kebijakan yang memiliki perspektif perempuan untuk melihat apakah kebijakan-kebijakan yang ada sudah setara atau adil gender.

”Sudah sensitif terhadap kepentingan perempuan, atau justru malah melanggengkan serta melahirkan kekerasan dan bentuk-bentuk diskriminasi lainnya  terhadap perempuan, ” jelas Direktur Mutiara Maluku ini kepada AmbonKita.com, saat diskusi Hari Perempuan Internasional, Senin (8/3/2021),

Kebijakan-kebijakan di negara Indonesia menurutnya, masih banyak yang tidak adil untuk kelompok perempuan, itu karena pemerintahan kita yang masih sangat patriarkis.

Menurutnya, advokasi kebijakan nmerupakan satu strategi atau mekanisme yang dapat digunakan oleh perempuan dalam rangka menuntut akuntabilitas yang lebih besar dari negara.

Yakni memastikan kebijakan-kebijakan yang dibuat benar-benar menyasar pada kepentingan strategi pemberdayaan perempuan untuk menegakan hak-haknya.

“Kepentingan perempuan masih belum banyak diperhatikan misalnya hak-hak korban kekerasan, anggaran untuk korban masih sangat minim bahkan hampir tidak ada di negara ini,” kata Lusi.

Page: 1 2 3 4

Recent Posts

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024