RSB Ambon Faskes Terbaik, Karumkit: Ini Atas Perintah Kapolda Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Rumah Sakit Bhayangkara (RSB) Ambon mendapatkan penghargaan dari BPJS Kesehatan sebagai Fasilitas Kesehatan (Faskes) Terbaik di wilayah Indonesia Timur.

Kepala RSB Ambon, Kompol dr. Chandra Tanoesan, mengaku kaget dengan penghargaan yang diraih. Pasalnya, selama ini RSB hanya menjalankan tugas secara normal tanpa adanya persiapan.

“Kami sangat kaget juga dengan penghargaan yang diberikan pihak BPJS Pusat kepada kami sebagai rumah sakit dengan pelayanan terbaik di wilayah Timur Indonesia,” ungkap Chandra dalam bincang-bincang pagi yang digelar Bidang Humas Polda Maluku di ruang Podscat Salawaku Emarina, Jumat (28/10/2022). Bincang pagi turut menghadirkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, H.S Rumondang Pakpakan.

Dokter Chandra tidak menyangka RSB Ambon akan mendapatkan penghargaan. Menurutnya, selama ini pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat dilakukan berdasarkan perintah dari Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif.

“Kami hanya melaksanakan perintah dari Bapak Kapolda Maluku tentang perubahan manajemen kami dalam pelayanan pasien. Dan hal itu sudah kami laksanakan. Sehingga saat ini ketersediaan obat-obatan dan fasilitas medis adalah yang paling kami utamakan demi kepuasan pelanggan,” sebutnya.

BACA JUGA: Penuhi Tiga Indikator Pelayanan Ini, RS Bhayangkara Ambon Raih Penghargaan BPJS Kesehatan

Chandra mengaku realisasi kerjasama RSB Ambon dengan BPJS Kesehatan di Maluku adalah dengan meningkatkan sistem pelayanan. Pelayanan terbaik dilakukan baik terhadap anggota Polri bersama keluarga, dan juga masyarakat yang menjadi pelanggan.

Pelayanan kesehatan yang dilakukan, kata dia, dengan menghadirkan semua dokter spesialis dan menambah fasilitas tempat tidur maupun peralatan medis lainnya. Hal itu dilakukan sebagaimana Komitmen RSB Ambon dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Dan kami setiap dua minggu Rumah Sakit Bhayangkara Ambon akan melakukan kuisioner terhadap para pasien dan pelanggan sehingga nantinya para tenaga medis yang dinilai telah memberikan pelayanan yang maksimal dan humanis akan diberikan apresiasi kepada mereka,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Ambon, H S Rumondang Pakpakan mewakili pimpinan BPJS Pusat menyampaikan selamat kepada RSB Ambon atas penghargaan yang telah diterima sebagai Rumah Sakit di Indonesia Timur dengan pelayanan terbaik. Ini tentu saja merupakan hasil kerja keras selama ini.

“Untuk penilaiannya saat ini kami melihat apakah ada keluhan dari pasien anggota Polri dan keluarga serta masyarakat yang menjadi pelanggan Rumah Sakit Bhayangkara atau tidak. Dan kami juga rutin melakukan walk to audit (WTA) dan ini meliputi pertanyaan langsung kepada para pasien dan pihak rumah sakit. Kami juga telah membuka ruang pengaduan publik, namun sampai saat ini hampir tidak ada pengaduan dari para pasien atau masyarakat terkait pelayanan kami,” jelasnya.

Pakpakan berharap piagam penghargaan yang diterima RSB Ambon dapat menjadi pemicu semangat terhadap Rumah Sakit lainnya yang ada di Kota Ambon dalam peningkatan dan mutu pelayanan kepada masyarakat umum.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

KKP Amankan Kapal Ikan Asing Berbendera Rusia di Laut Arafura

AMBONKITA.COM,- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengamankan satu Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Rusia di…

05/19/2024

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024