Satu Anggota Brimob Maluku akan Dikirim ke Afrika Tengah

Share

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 154 personel Satuan Tugas (Satgas) Garuda Bhayangkara (Garbha) FPU 4 MINUSCA, akan dikirim ke wilayah konflik di Bangui, Republik Afrika Tengah. Ratusan personel itu dikirim untuk melaksanakan misi perdamaian PBB.

Dari ratusan personel Satgas Garbha yang akan menjalankan tugas kemanusiaan di Afrika, satu diantaranya berasal dari Polda Maluku. Adalah Bripka Ignatius Tola Resi Putra.

Anggota Detasemen Gegana, Satuan Brimob Polda Maluku itu akan dikirim bersama ratusan personel lainnya ke Afrika Tengah pada tanggal 17-19 September 2022 mendatang.

“Untuk pasukan Satgas Garuda Bhayangkara yang akan dikirim menjalankan misi perdamaian PBB di Afrika Tengah, terdapat satu anggota Polda Maluku. Yaitu Bripka Ignatius Tola Resi Putra, dari Den Gegana Satbrimob Polda Maluku,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat, Rabu (31/8/2022).

BACA JUGA: 2.576 Personel Gabungan Amankan Kunjungan Presiden di Saumlaki

Rum mengaku, Bripka Ignatius akan dikirim setelah menempuh pelatihan khusus. Dan pada Jumat (26/8/2022) lalu, telah dilaksanakan upacara pembaretan di Gunung Halimun, Caringin, Jawa Barat.

“Rencananya tim Satgas Garuda ini diberangkatkan pada tanggal 17 sampai dengan 19 September 2022,” ungkapnya.

Untuk diketahui, upacara pembaretan personel Satgas Garbha FPU 4 MINUSCA berlangsung di Gunung Halimun, Caringin, Jawa Barat.

Bertindak sebagai komandan upacara yakni Kepala Kontingen Satgas Garbha FPU 4 MINUSCA, AKBP Wahid Kurniawan. Sementara Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri, Irjen Pol Jhoni Asadoma sebagai Inspektur upacara sekaligus menutup pembaretan personel di Camp Puncak Halimun Jumat (26/8/2022).

Kadivhubinter menyampaikan, sebanyak 154 personel Satgas Garbha FPU 4 MINUSCA terdiri dari 25 polisi wanita (Polwan) dan 115 polisi laki-laki (Polki). Mereka telah mengikuti latihan pra penugasan.

“Telah kami seleksi kesehatan, psikologi, dan kemampuan bahasa. Kemudian kita latih juga mereka bahasa Inggris dan bahasa Prancis, terutama karena di sana adalah misi francophone, dan juga masalah teknik taktik lapangan agar mereka siap untuk di tempat di misi perdamaiaan PBB,” kata Wahid.

Satgas Garbha FPU 4 MINUSCA telah melewati proses latihan yang panjang dan telah teruji sesuai dengan standar PBB untuk pemberangkatan ke Bangui, Republik Afrika Tengah.

Dalam upacara pembaretan tersebut turut dihadiri oleh Brigjen Pol Krishna Murti, sebagai Karomisinter Divhubinter Polri.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024