Categories: Hukum KriminalMaluku

Seleksi AKPOL Digelar di Maluku, 48 Casis Lulus Rikkes Tahap I

Share

AMBONKITA.COM,- Seleksi penerimaan Akademi Kepolisian (AKPOL) Tahun 2023 digelar Panitia Daerah (Panda) Polda Maluku.

Sebanyak 48 orang calon siswa (Casis) dinyatakan lulus atau Memenuhi Syarat (MS) pada tahapan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) Tahap I.

Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif meminta para peserta yang masih melangkah ke tahapan selanjutnya agar terus berusaha dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Menurutnya, animo masyarakat Maluku untuk menjadi Taruna AKPOL tahun ini cukup tinggi. Tercatat sebanyak 225 (Pria 174/Wanita 51) orang mendaftar melalui online.

Berdasarkan verifikasi Panitia Bantuan Penerimaan dari Polres/ta di jajaran Polda Maluku, tercatat sebanyak 85 orang (Pria 76/Wanita 9) dinyatakan MS.

Dari puluhan orang pemuda/pemudi tersebut kemudian mengikuti Rikkes Tahap I. Hasilnya, sebanyak 48 orang (Pria 45/Wanita 3) dinyatakan MS. Sementara yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sejumlah 37 orang.

“Teruslah berusaha dan berikhtiar yang terbaik dan terus berdoa agar harapan bisa menjadi anggota Polri dapat tercapai,” pinta Orang nomor 1 Polda Maluku ini.

BACA JUGA: Diduga Meninggal tak Wajar, Makam Pdt Flo Dibongkar, Jasadnya Diautopsi

Irjen Latif mengaku, seleksi penerimaan AKPOL diawasi ketat oleh tim pengawas baik dari internal Panda Polda Maluku maupun eksternal yang melibatkan semua instansi.

“Standar penilaian mengacu pada Jukrah Mabes Polri dan dilakukan oleh tim yang profesional,” tegas mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur ini.

Jenderal bintang 2 Polri di pundaknya ini mengaku pihaknya tidak akan main-main dalam melakukan seleksi penerimaan anggota Polri. Sebab, dari Mabes Polri nantinya akan melakukan pengecekan ulang.

“Apabila ada yang tidak sesuai dengan Protap maka panitia seleksi pasti ditegur maupun diperiksa. Dan peserta yang tidak penuhi syarat tetap akan dicoret,” sebut dia.

Dalam setiap pelaksanaan seleksi, Irjen Latif mengaku pasti akan ada yang tidak lulus. Bahkan perasaan kecewa pasti akan dialami peserta yang dinyatakan tidak lulus tersebut.

“Setiap tahapan seleksi, bagi yang tidak lolos selalu diberikan penjelasan oleh tim seleksi apa penyebabnya. Ini dilakukan agar bila ada kekurangan diperbaiki ke depannya, tapi ini namanya seleksi tentu yang diambil harus yang terbaik,” ungkapnya.

Bahkan, lanjut Kapolda, peserta seleksi yang dinyatakan tidak lulus ke tahapan berikutnya tidak tebang pilih. Tergantung nilai yang diraih dan disaksikan langsung oleh peserta tersebut.

“Bahkan ada anak beberapa pejabat Polri yang ikut seleksi juga gugur dan TMS, jadi tidak ada itu istilahnya pengkondisian atau prioritas serta keistimewaan bagi putra anggota atau pejabat Polri,” ujarnya.

Irjen Latif mengaku semua peserta seleksi diperlakukan sama tanpa melihat latar belakang. Begitu pula bahan tes yang dijalani pun sama.

“Hasilnya juga langsung bisa dilihat dan diawasi oleh pengawas-pengawas yang telah ditunjuk,” katanya.

Terkait seleksi penerimaan anggota Polri, Irjen Latif mengaku selaku Kapolda, hanya bisa mengusulkan agar kuota penerimaan dapat ditambah dari Mabes Polri. “Karena lulus semua tahapan pun belum tentu bisa lolos ikut pendidikan, kalau ternyata rangkingnya di luar kuota yang yelah ditetapkan Mabes Polri untuk seluruh Indonesia,” jelasnya.

Kapolda berharap kepada para putra/putri Maluku yang tidak lulus agar jangan putus asa. Teruslah berlatih dan berusaha sehingga dapat kembali mencoba ke depannya.

“Jangan karena kecewa kemudian melemparkan opini-opini negatif tentang proses seleksi. Kalau ada keberatan datang dan temui panitia penanggung jawab untuk dijelaskan yang dipimpin langsung oleh Itwasda dan Karo SDM,” ujarnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024