Categories: DaerahkuMaluku

Sesar di Laut Banda Picu Gempa Tektonik 5,6 SR, Dirasakan Warga Banda Neira

Share

AMBONKITA.COM,- Gempat tektonik berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) mengguncang laut Banda pada Minggu (12/12/2021) pukul 00.29 WIT.

Gempa yang tidak berpotensi tsunami ini dirasakan warga Banda Neira, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah dengan skala II MMI.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menunjukan gempabumi yang terjadi memiliki parameter update dengan magnitudo 5,7 SR.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7.01° LS dan 128.75° BT, atau tepatnya berlokasi di laut dengan jarak 278 km arah Timur Kota Tiakur, Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Gempa itu berada pada kedalaman 23 km.

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Satiyo Prayitno.

Berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempabumi memiliki pergerakan mendatar turun (normal oblique).

“Dari estimasi peta guncangan (shakemap) gempabumi ini berpotensi menimbulkan guncangan di daerah Banda Neira II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang),” katanya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” sebutnya.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Warga juga diminta untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada Minggu (12/12/2021) pukul 03.50 WIT, juga terjadi gempabumi dengan kekuatan 4,0 SR. Episenter gempa berada pada lokasi 6,84 LS-128.61 BT atau 144 km Baratlaut Tepa-Maluku Barat Daya (MBD), 164 km Timurlaut Tiakur-MBD.

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024