Siswa Dikmaba TNI AD Makan Siang Bersama Kapolda Maluku dan Pangdam Pattimura

Share

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, bersama Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, makan siang bersama siswa Dikmaba TNI AD Tahun 2022.

Kegiatan makan siang bersama 97 orang siswa Dikmaba TNI AD tersebut berlangsung di Rindam XVI/Patimurra, Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (6/12/2022).

Saat mendatangi Rindam Suli, Kapolda yang didampingi Kepala SPN dan Kabid Humas Polda Maluku ini diterima Pangdam Pattimura bersama Komandan Rindam, Wadan Rindam Pattimura.

Pangdam Pattimura, Ruruh Setyawibawa, mengaku pihaknya mendapat kehormatan dengan kedatangan Kapolda Maluku dan jajaran di Rindam Pattimura.

“Kami dapat kehormatan kedatangan tamu Kapolda Maluku dengan jajarannya di Mako Rindam Pattimura khususnya di Secaba untuk yang pertama silaturahmi kemasannya makan siang tapi esensinya adalah silaturahmi,” kata Pangdam.

BACA JUGA: 45 Anggota dan ASN Polri Purnabakti, Ini Pesan Kapolda Maluku

Pangdam mengaku kegiatan ini mengandung makna yang luar biasa. Karena para siswa Dikmaba ini nantinya merupakan pelaksana lapangan yang nantinya akan membaur bersama dengan teman-teman Polri dan aparat pemerintah lainnya.

“Artinya ada unsur pemerintah daerah ada unsur instansi terkait lainnya. Hari ini kita mendapat kehormatan beliau (Kapolda) datang ke sini makan bersama. Saya yakin lain waktu kita juga akan berbalas demikian tetapi nilai yang terkandung silaturahmi antara TNI Polri ini harus terus terjaga,” ujarnya.

TNI dan Polri, kata Pangdam harus selalu solid. Ke depan, situasi apapun yang terjadi, solidaritas tentara dan polisi tetap terjaga.

“Tetapi solidaritas itu tidak mengurangi kalau misalnya ada pelanggaran tentunya proses hukum harus berjalan. Momen ini momen bagus, terima kasih pak Kapolda sudah menggagas karena kita di atas juga sudah terjalin komunikasi yang bagus niat yang baik ini harus kita sambut dengan baik pula,” ungkapnya.

Senada dengan Pangdam Pattimura, Kapolda Maluku, Lotharia Latif, juga menyampaikan terima kasih atas waktu dan kesempatannya.

“Terima kasih kepada bapak Pangdam karena sudah menerima dan menyempatkan waktunya, walaupun siang ini baru tiba dari Kabupaten Buru Selatan, bisa sama saya bertatap muka bersama para siswa Dikmaba,” kata Kapolda.

Kapolda mengaku TNI dan Polri mempunyai tupoksi, profesionalisme dan tanggung jawab masing-masing. TNI khususnya penjaga pertahanan dan kedaulatan negara, sementara Polri menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ini adalah takdir kita semua, kita tidak bisa memilih,” ungkap Kapolda.

Kapolda mengajak para siswa Bintara TNI AD untuk senantiasa bersyukur. Menghargai tugas, dan menyayangi pekerjaan pasti akan mencegah kalian melakukan pelanggaran-pelanggaran baik itu masalah disiplin apalagi sampai terlibat pidana.

Para siswa Dikmaba juga patut bersyukur karena bisa duduk di tempat ini dan makan di ompreng bersama Kapolda Maluku dan Pangdam Pattimura.

“Sayang ketika nantinya di dalam penugasan kalian melakukan pelanggaran-pelanggaran padahal perjalanan kalian begitu susah. Saya pun setiap memberikan arahan kepada anggota-anggota Polri atau Polda Maluku saya selalu memotivasi betapa sulitnya perjuangan kalian sampai menjadi anggota Polri,” pinta Kapolda mengingatkan.

Kapolda berharap ke depan ada integrasi antara SPN Polda Maluku dan Rindam XVI/Pattimura. “Saya menyampaikan terima kasih kepada Dan Rindam, dan saya merasakan selama ini kerjasama kita cukup baik. Saya kira inilah wujud nasionalisme kita TNI Polri, wujud kita menjaga NKRI,” sebutnya.

Irjen Latif mengharapkan agar soliditas dan sinergi TNI Polri dapat terus terwujud di Maluku. “Katong semua basudara saya juga sampaikan ini di SPN rekan-rekan TNI itu saudaramu bukan musuhmu, setiap ada persoalan kita selesaikan dengan baik, jika ada persoalan besar kita kecilkan, jika ada persoalan kecil yang muncul kalau bisa kita minimalisirkan kita tiadakan. Semangatnya adalah kita sama-sama menjaga NKRI,” harapnya.

Kapolda memberikan motivasi kepada siswa Dikmaba TNI AD. Ia berharap agar seluruh siswa yang makan bersama hari ini dapat melaksanakan pendidikan dengan sebaik-baiknya.

“Lakukan pendidikan ini dengan baik sehingga selesai semua, masuk misalnya 90 keluar juga 90, karena apa, tidak semua orang diberikan kesempatan bisa duduk di tempat ini, orang bersusah payah, jadi saya ingin memberikan semangat kepada kalian khususnya para calon bintara bintara ini karena nanti bintara-bintara saya juga akan bekerja sama dengan kalian di lapangan, kalianlah unsur pelaksana utama,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024