Categories: Ambonkukesehatan

Siswa SD di Ambon akan Divaksin Covid Tunggu Edaran Kemenkes

Share

AMBONKITA.COM,- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin penggunaan vaksin covid-19 jenis Sinovac untuk siswa Sekolah Dasar (SD).

Kapan vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun itu bisa dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, masih menunggu regulasi resmi dari Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy. Menurut dia, pelaksanaan vaksin untuk siswa SD akan dilakukan setelah diterimanya instruksi dari Pempus.

“Kita tidak bisa ambil langkah sepihak. Sebab kerja-kerja dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19, yang kita lakukan semua sesuai arahan pusat,” kata Wendy, Kamis (4/11/2021).

Ia kembali menyampaikan pelaksanaan vaksinasi untuk anak SD baru akan dilakukan setelah Surat Edaran (SE) Kemenkes RI diterima.

“Kami masih menunggu SE dari Kemenkes sebagai dasar pelaksanaan. Nanti kalau sudah kita terima baru bisa dilakukan. Kalau sudah ada SE pasti ditindak lanjuti,” pungkasnya.

Senada, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Jhon Sanders, juga menginginkan agar vaksinasi untuk siswa SD bisa dilakukan. Tapi, pihaknya masih menunggu keputusan pusat, dan juga Wali kota Ambon.

“Kami akan gencar melakukannya kalau sudah ada instruksi. Yang pasti kami akan tunggu perintah dari pak Wali kota, untuk lakukan vaksin terhadap anak SD,” katanya terpisah.

Menurutnya, dengan adanya izin dari BPOM untuk penggunaan vaksin Sinovac kepada siswa SD, tentunya akan sangat berdampak pada proses pembelajaran tatap muka.

“Kami juga berkeinginan pembelajaran tatap muka bisa berjalan, dan pasti kita dorong agar vaksinasi untuk anak SD segera dilakukan,” ujarnya.

 

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024