Categories: AmbonkuHukum Kriminal

Tabrakan Maut di Liang Ambon, Sopir Avanza Ditetapkan Tersangka

Share

AMBONKITA.COM- Sopir mobil toyota Avanza, Cores Akerina, ditetapkan sebagai tersangka kasus tabrakan maut yang terjadi di ruas jalan Dusun Wailusung, Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Ambon), Selasa (12//10/2021).

Pria 59 tahun itu ditetapkan tersangka karena dianggap lalai mengemudikan mobil DE 1125 AH tersebut. Kelalaiannya menyebabkan tiga pengendara sepeda motor tewas seketika di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Izaac Leatemia, mengungkapkan, kasus kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kematian ini ditangani penyidik Unit Kecelakaan, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

“Untuk sopir mobil Avanza yang terlibat dalam kecelakaan lalulintas di Liang kemarin itu sudah ditetapkan sebagai tersangka,” kata Izaac kepada AmbonKita.com melalui telepon genggamnya, Rabu (13/10/2021).

Saat ini, kata Izaac, tersangka masih dalam perawatan medis di Rumah Sakit Tingkat III Bhayangkara Ambon. Ia menderita juga ikut terluka dalam insiden naas tersebut.

“Yang bersangkutan masih dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara,” ujarnya.

Baca juga: Ini Kronologis Tabrakan Maut di Liang Ambon, Seluruh Korban Meninggal dari Seram Barat

Baca juga: Laka Maut di Liang Ambon, Tiga Tewas

Juru bicara Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease ini ini mengaku penyidik akan melakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan sebagai tersangka setelah kondisinya sudah pulih.

“Nanti setelah yang bersangkutan pulih, baru dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka,” jelasnya.

Mantan Wakapolsek Nusaniwe ini menambahkan, tersangka dijerat menggunakan pasal 310 (4) UU No. 22 Tahun 2009, tentang “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia, diancam hukuman 6 tahun penjara dan denda paling banyak Rp12.000.000.

Untuk diketahui, tabrakan maut yang terjadi pada Selasa (12/10/2021) pukul 14.00 WIT ini merenggut tiga nyawa warga asal Desa Waimital, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Tiga korban meninggal yaitu almarhum Rini Selestri (38 tahun), Fatima (41), dan Yusuf Asis (44). Tiga-tiganya mengendarai sepeda motor.

Sementara yang mengalami luka-luka berada di dalam mobil Avanza. Empat diantaranya merupakan warga di Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah. Yaitu Cores Akerina, sopir mobil, dan empat penumpang yakni Rini Walangitan (35), warga Desa Samal, Tumari (40), warga Desa Waoloping, dan Novita Poluan (38), warga Desa Kobi, serta Diana Wally (49), warga Kelurahan Uritetu, Kota Ambon.

Kecelakaan maut terjadi setelah mobil berwarna merah tua ini hendak mendahului kendaraan di depannya. Saat itu, sopir hilang kendali dan menabrak rombongan sepeda motor dari arah berlawanan. Mobil hendak menuju Desa Liang, sementara sepeda motor akan ke Kota Ambon.

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Indosat Siap Perkuat Transformasi Menuju AI Native TechCo

AMBONKITA.COM,– PT Indosat Tbk (“Indosat” atau “IOH” atau “Indosat Ooredoo Hutchison” atau “Perseroan”) mencatat pencapaian…

05/21/2024

Kapolda: Polri Siap Wujudkan Pilkada Maluku 2024 yang Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, mengaku pihaknya siap bersinergi dengan instansi…

05/20/2024

Jantje Wenno Ingin Wakil Wali Kota Ambon dari PPP

AMBONKITA.COM,- Bakal calon wali kota Ambon, Jantje Wenno, menginginkan wakilnya berasal dari Partai Persatuan Pembangunan…

05/20/2024

Harkitnas 2024, Kapolda: Momentum untuk Bangkit Bangun Maluku

AMBONKITA.COM,- Polda Maluku melaksanakan upacara peringatan hari kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2024 di lapangan Letkol…

05/20/2024

Didampingi Syarif Hadler, Sam Latuconsina Daftar di PPP, Sebut Maluku Biasa-biasa Saja

AMBONKITA.COM,- Muhammad Armin Syarif Latuconsina atau biasa disapa Sam mendaftar sebagai bakal calon Wakil Gubernur…

05/20/2024

Bendum PPP Siap Terima Amanah Partai untuk Maju Pilkada Kota Ambon

AMBONKITA.COM,- Bendahara Umum DPC PPP Kota Ambon Fidya Elly memantapkan niatnya untuk maju bertarung di…

05/19/2024