Categories: Hukum Kriminal

Tiga Pucuk Senjata Api dan Bom Rakitan Ditemukan di Hutan Pulau Haruku

Share

AMBONKITA.COM,- Aparat Kepolisian menemukan tiga pucuk senjata api (senpi) di dalam kawasan hutan Pulau Haruku. Senjata mematikan yang ditemukan yaitu dua organik jenis SKS, dan LMG, serta satu pucuk senpi rakitan.

Selain senpi, sejumlah amunisi dan bahan peledak berupa bom rakitan kemasan botol, dan beberapa butir amunisi juga diamankan saat dilakukan penyisiran di dalam kawasan hutan Pulau Haruku.

“Ada tiga pucuk senpi yang ditemukan. Satu pucuk senpi organik jenis LMG ditemukan pada 13 Februari 2022. Sementara dua pucuk lainnya yaitu jenis organik SKS dan satu pucuk senpi laras panjang rakitan ditemukan kemarin,” kata Kabid Humas, Kombes Pol M. Rum Ohoirat kepada wartawan di Mapolda Maluku, Kota Ambon, Kamis (31/3/2022).

“Benda-benda berbahaya yang ditemukan kemarin juga adalah 34 butir amunisi, terdiri dari 12 butir kaliber 5,56, dan 22 butir kaliber 7,62. Kita juga menemukan 8 bom rakitan kemasan botol,” tambah Rum yang didampingi Direktur Krimum, Kombes Pol Andrian Iskandar.

Baca juga: Tim Penyelidik Dikerahkan Usut Penembak Misterius di Pulau Haruku

Peralatan perang yang diduga sisa peninggalan konflik Maluku tahun 1999 silam itu, saat ini masih terus dikembangkan untuk mengetahui siapa pemiliknya.

“Benda-benda ini ditemukan tidak berada di dalam tanah, tapi disimpan dalam goa, dan lainnya. Tidak ada pemiliknya, ini hasil patroli di hutan. Dan hasilnya akan kami lakukan pengembangan,” tambah Rum.

Penemuan peralatan perang itu, tambah juru bicara Polda Maluku ini, menandakan bahwa senjata api dan amunisi masih beredar di masyarakat. Sehingga Polda Maluku menghimbau masyarakat yang masih menguasai senjata berbahaya tersebut untuk diserahkan secara sukarela.

“Kami tidak akan melakukan proses hukum kalau masyarakat menyerahkan senpi dan bahan peledak secara sukarela. Tapi sebaliknya jika tidak diserahkan dan saat kami melakukan razia kemudian menemukannya, maka pemiliknya akan kami tindak secara hukum yang berlaku,” tegasnya.

Baca juga: Tim Penyelidik Dikerahkan Usut Penembak Misterius di Pulau Haruku

Editor: Husen Toisuta

View Comments

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024