Categories: Ambonkukesehatan

Tinggal 5 Persen Kota Ambon Capai Target Herd Immunity

Share

 

AMBONKITA.COM- Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk keluar dari bahaya penyebaran covid-19 terus membuahkan hasil.

Saat ini, presentase vaksinasi covid telah mencapai 66,8 persen. Artinya, tinggal 5 persen lagi, ibukota provinsi Maluku ini mencapai target Herd Immunity atau Kekebalan Kelompok.

Wali kota Ambon, Richard Louhenapessy, mengaku, target vaksinasi untuk kota Ambon yaitu sebesar 274.194 jiwa. Data terakhir mencatat capaian vaksin tahap pertama di telah mencapai 183.267 atau 66,8 persen.

“Capaian vaksinasi didominasi oleh komunitas pelayan publik. Sedangkan untuk ibu hamil, anak, dan lansia cukup tinggi,” ungkap Richard yang didampingi Wakil Walikota, Syarif Hadler, dan Sekretaris Kota Anthony Gustaf Latuheru kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (21/9/2021).

Agar target tersisa 5 persen tersebut bisa segera tercapai, Richard mengaku Rabu besok (22/9/2021), pihaknya kembali melaksanakan Selebrasi Vaksinasi Massal Covid-19 bagi warga Kota Ambon.

Selebrasi vaksinasi akan bergulir selama 14 hari ke depan yang dilaksanakan setiap hari mulai dari pukul 09.00 – 15.00 WIT.

“Kita terus fokus menggalakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 secara masif, guna mempercepat target pembentukan Herd Immnunity yakni 70 persen dari target yang harus divaksinasi,” katanya.

Selebrasi Vaksinasi Massal, kata dia, akan melayani seluruh masyarakat yang sama sekali belum divaksin, atau yang belum vaksin tahap kedua, dengan memberikan perhatian bagi pelajar tingkat SMP maupun SMA sederajat.

“Secara khusus saya tugaskan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB untuk memaksimalkan kader Posyandu dalam rangka mendeteksi, mendorong, mengajak, ibu hamil dan ibu menyusui yang belum vaksin untuk dapat divaksin dalam selebrasi vaksinasi yang berlangsung selama tiga minggu,” pintanya.

Disamping itu, untuk meningkatkan tingkat capaian vaksinasi lansia, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Ambon telah berkoordanasi dengan intansi/lembaga yang menangani hak – hak pensiun, seperti bank maupun PT. Taspen agar mendorong pensiunan untuk vaksinasi.

“Kita berharap dengan cara ini, maka pada bulan Oktober Herd Immunity telah kita capai,” harapnya.

 

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024