Warga Ambon Diminta tidak Mudah Terprovokasi Bentrok Ori Kariuw

Share

AMBONKITA.COM,– Konflik yang terjadi antara warga Ori dan Kariuw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, turut menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, yang didampingi Wakil Wali Kota, Syarif Hadler, dan Sekretaris Kota (Sekot) Agus Ririmasse, meminta warga di ibukota provinsi Maluku ini tidak terprovokasi dengan konflik di sana.

Wali kota Ketiganya langsung memimpin rapat koordinasi dengan camat, kades/raja dan lurah serta, jajaran TNI/Polri, serta stakeholder lainnya untuk mengantisipasi hal – hal dampak yang mungkin terjadi berkaitan dengan perkembangan situasi kamtibmas di masyarakat.

“Hari ini rasa damai di hati kita sedikit tertusuk akibat dari berita yang kita terima bersama bahwa telah terjadi konflik di Kabupaten Maluku Tengah, jelasnya di pulau Haruku,” kata Richard usai rapat koordinasi dengan camat, kades/raja, lurah dan jajaran TNI/Polri serta stakeholder lainnya di Balai Kota Ambon, Rabu (26/1/2022).

Richard mengaku konflik menimbulkan dampak yang sangat luar biasa bagi seluruh masyarakat di wilayah provinsi Maluku.

“Dalam semangat orang basudara di Maluku, konflik ini menimbulkan dampak luar biasa, padahal kita tahu, bahwa damai itu sangat mahal dan indah dalam kehidupan kita ke depan,” jelasnya.

Olehnya itu, mantan Ketua DPRD Maluku ini menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Ambon baik yang berasal dari daerah konflik maupun dari daerah lainnya untuk tetap menjaga semangat persaudaraan.

“Kita satukan tekad jadikan Ambon kota yang aman, tentram, dan damai, untuk masa depan anak cucu kita,” imbaunya.

Wali kota Ambon dua periode ini mengungkapkan, salah satu cara yang dilakukan masyarakat untuk tetap menjaga semangat persaudaraan yakni dengan tidak mudah terpancing isu yang provokatif.

Masyarakat, pinta dia, harus memberikan kepercayaan penuh kepada aparat keamanan untuk bisa mengatasi masalah yang terjadi.

Kepada unsur – unsur masyarakat lainnya, seperti tokoh – tokoh agama, Richard mengajak agar dapat memberikan pesan serta himbauan yang sama kepada umat.

“Masyarakat agar tidak terpancing dengan situasi yang terjadi, biarlah itu diselesaikan di Malteng, kita di Ambon jangan terjebak dengan isu dan provokasi yang merugikan kita,” bebernya.

Untuk mengantisipasi sejumlah hal yang tidak diinginkan terjadi, Richard juga meminta masyarakat agar dapat menyampaikan informasi secepatnya kepada aparat keamanan apabila ditemukan hal – hal yang mengkhawatirkan.

“Saya meminta masyarakat agar tetap tenang, kalau ada hal yang mengkhawatirkan segera menyampaikan, informasikan ke aparat kemananan,” pungkasnya.

Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler, meminta masyarakat untuk bijak dalam bermedia sosial. Caranya yaitu dengan tidak menyebarkan postingan terkait konflik yang terjadi di Haruku. Tindakan tersebut, kata dia, dapat membantu meredam emosi dan psikologi sosial.

“Dengan peristiwa yang terjadi di Haruku, mari kita waspada, jangan menyebar gambar atau video yang membuat orang menjadi terpancing dan terprovokasi. Ingat satu percikan api yang kecil dapat membakar hutan yang besar. Jangan anggap remeh gangguan keamanan sekecil apapun itu karena menjadi embrio untuk konflik yang lebih besar,” ingatnya.

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024