Categories: DaerahkuMaluku

Warga Tual Keturunan Myanmar Dipecat saat akan Dilantik Jadi TNI, Ini Penjelasan Kodam Pattimura

Share

AMBONKITA.COM,- Keinginan Henz DJ Songjanan, warga Tual, Maluku, Indonesia, keturunan Myanmar, untuk mengabdi sebagai prajurit TNI AD, pupus sudah.

Harapannya agar bisa seperti Enzo Zenz Allie, seorang warga keturunan Perancis yang lulus sebagai prajurit TNI harus kandas. Henz dipecat tidak dengan hormat (PTDH) dari Diksecata Kodam XVI/Pattimura, pada Kamis (7/4/2022).

Pemecatan terhadap Henz viral di media sosial. Netizen mempertanyakan sikap dari TNI. Mereka menyamakan Henz seperti Enzo, yang berhak mengabdi sebagai anggota TNI.

“Boleh tau, salahnya dimana..?
ANAK keturunan Asing yg Lahir di Indonesia dari Wanita Indonesia.
setelah selesai menempu pendidikan TK sampai SMA di Indonesia. Karena rasa kecintaannya dan memiliki Cita-cita luhur mengabdi utk NKRI.
dipermasalakan kewarganegaraanNya dan menjelang Pelantikan tgl 16 April 2022 nanti, HARI INI 7 April 2022 DIA DIKELUARKAN DARI PENDIDIKAN TAMTAMA TNI…
Mohon PencerahanNya..!”

“SEMOGA PESAN INI BISA SAMPAI  DAN DIDENGAR OLEH PANGLIMA TNI, YG TERHORMAT BAPAK ANDIKA PERKASA..!” tulis akun Axelglen Axelglen dalam postingannya di Facebook yang dibagi pada Kamis (7/4/2022).

Baca juga: Dari Lima Terdakwa Korupsi, Sekda SBB Dituntut Ringan 2,6 Tahun Penjara

Postingan tersebut mendapat tanggapan beragam dari netizen. Banyak yang menyesali sikap TNI yang memecat yang bersangkutan.

Terkait dengan PTDH terhadap Henz, Kepala Penerangan Kodam XVI/Pattimura, Kolonel Arh Adi Prayoga, angkat bicara. Ia menjelaskan, Henz DJ Songjanan dikeluarkan dari diksecata karena alasan pemalsuan dokumen yang dilakukan oleh Maikel Songjanan, orang tuanya. Sehingga seluruh dokumen yang bertalian dengan penerbitan data atas nama Maikel Songjanan dinyatakan batal/dicabut kembali.

“Sesuai dg surat Dukcapil Kota Tual no 470/058/2022 tgl 31 Maret 2022 ttg *pembatalan dokumen kependudukan (terlampir) atas nama Maikel Songjanan* orang tua/ayah dari Henz DJ Songjanan, karena persyaratan mendapatkan dokumen kependudukan tidak sesuai dengan aturan yg berlaku, tidak melampirkan ITAS dan ITAP.  (Sesuai dg UU no 24 th 2013 ttg perubahan atas UU no 23 th 2006 ttg Administrasi kependudukan). Namun di dapat dengan *cara Ilegal* saat perekaman KTP secara massal pd thn 2013 oleh Dukcapil Kota Tual,” tulis Ady merespon pertanyaan wartawan dalam laman grup whatsaap Pendam XVI/Pattimura, Jumat malam (8/4/2022).

Lantas, mengapa pemalsuan dokumen dari ayah Henz tersebut baru diketahui?, Ady mengaku pihaknya mendapat laporan dari masyarakat. Setelah ditelusuri ke Dukcapil Kota Tual, ternyata benar adanya.

“Jadi identitas/KTP Asli tapi diperoleh secara ilegal tdk sesuai ketentuan administrasi kependudukan. Ini diketahui belakangan Krn ada laporan/pengaduan dr masyarakat. Setelah ditelusuri dan dicek ke dukcapil, ternyata benar bahwa cara perolehannya ilegal,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

View Comments

Recent Posts

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024