Categories: AmbonkuHukum Kriminal

WNA Ditemukan Tewas, Diduga Gantung Diri dalam Sel Imigrasi Ambon

Share

AMBONKITA.COM,- Te Mau Dong, Warga Negara Asing (WNA) berkembangsaan Myanmar, ditemukan tewas. Pria 55 tahun ini diduga gantung diri di dalam sel tahanan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon, Rabu (20/12/2021) sekira pukul 20.00 WIT.

Saat ditemukan tak bernyawa, Te Mau Dong dalam posisi tergantung di dalam WC penjara naas itu. Lehernya terikat seutas tali.

Menurut Marlon Tanamal (37), warga Kudamati, Kecamatan Nusaniwe Ambon yang bertugas sebagai cleaning service Kantor Imigrasi, sekitar pukul 18.00 WIT dirinya datang ke kantor untuk mengantarkan pakaian milik seorang pegawai.

Saat masuk kantor, Marlon disapa oleh Achmad (23), seorang pegawai yang sementara piket. Achmad meminta Marlon mengecek korban di dalam ruangan sel (penjara).

“Saat itu saksi Marlon memenggil nama korban yang berada di dalam sel, namun tidak dijawab,” kata Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Izaac Leatemia.

Karena tidak dibalas korban dari balik jeruji besi, Marlon dan Achmad kemudian membuka pintu sel untuk mengecek korban secara langsung.

“Saat itu korban tidak terlihat dalam sel. Saksi kemudian masuk mengecek dalam kamar mandi yang masih berada di dalam ruangan sel, melalui bagian atas ventilasi kamar mandi,” ungkapnya.

Saat melihat dari ventilasi, saksi Marlon terkejut karena melihat korban sudah dalam keadaan tergantung dengan seutas tali tepat di atas bak mandi.

“Mengetahui kejadian dimaksud saksi memberitahukan Achmad dan kejadian tersebut langsung dilaporkan ke kami,” kata Izaac.

Mendapat kabar itu, tak berselang lama, aparat Polresta Ambon mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP). Olah TKP kemudian dilakukan tim identifikasi, termasuk memeriksa kondisi korban.

“Selanjutnya jenazah korban langsung diangkat dan dibawah menggunakan mobil dinas Polsek Nusaniwe menuju RSUD dr Haulussy Ambon untuk mendapat tindakan medis lebih lanjut,” jelasnya.

Izaac mengaku, korban saat itu berstatus Tahanan Imigran. Korban diduga keras melakukan bunuh diri dengan cara mengenaskan tersebut.

“Korban diduga keras bunuh diri dengan cara menggantung diri sesuai hasil rekaman CCTV. Tidak terdapat tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban,” tambahnya.

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024

Daftar di PDIP Ambon, Agus Ririmasse: Kiranya Saya Bisa Dapat Rekomendasi

AMBONKITA.COM,- Agus Ririmasse, bakal calon Wali Kota Ambon, resmi mendaftar di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan…

04/30/2024