135 Casis Bintara Tamtama TNI AL Dilepas Wagub Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 135 orang calon siswa (Casis) Bintara dan Tamtama TNI AL angkatan I Tahun 2022 dilepas Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno, Selasa (15/3/2022).

Pelepasan ratusan casis menuju Satdik III Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Sorong, Papua Barat, ini berlangsung di dermaga TNI AL, Tawiri, Kota Ambon.

Ratusan casis yang terdiri dari Bintara pria dan wanita, serta Tamtama ini akan menjalani seleksi panitia pusat di Kodiklatal Sorong. Sedangkan seorang casis lainnya diberangkatkan menuju Lapetal/Puslatdiksarmil, Surabaya, Jawa Timur.

Para casis Bintara dan Tamtama dari Maluku ini diberangkatkan menuju Satdik III Kodiklatal Sorong menggunakan Kapal KRI Teluk Wondama 527.

Wagub dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para pimpinan dan jajaran Lantamal IX/Ambon. Sebab, telah menyelenggarakan seleksi Bintara dan Tamtama yang siap mengabdi untuk negara melalui Matra TNI AL.

“Saya juga memberikan apresiasi karena sebagian besar calon siswa yang lulus merupakan asli Maluku. Ini menunjukkan bahwa minat generasi muda Maluku untuk berkarier menjadi prajurit TNI AL sangat tinggi, dan kesempatan tersebut akan menggugah semangat generasi muda untuk berkompetisi dalam tantangan ketatnya kesempatan kerja saat ini,” katanya.

Wagub mengaku keinginan generasi muda untuk menjadi prajurit karir TNI AL sangatlah tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya jumlah pelamar. Kehormatan dan kebanggaan tersebut hendaknya dijaga dan pelihara oleh calon siswa selama mengikuti pendidikan di Satdik III TNI AL.

“Para calon siswa akan bertemu dengan casis dari berbagai daerah. Kegiatan pendidikan Satdik III dapat dimanfaatkan para calon siswa dan menjadi momentum strategis untuk meningkatkan kemampuan diri akan dididik menjadi prajurit pejuang Sapta Marga,” ujarnya.

Wagub berharap calon siswa dapat menunjukkan integritas diri sebagai anak Maluku yang memiliki kepekaan dan kemampuan sosial dalam mempertahankan kesatuan negara dalam bingkai NKRI, jika dinyatakan lulus dan berkarir sebagai TNI AL.

“Atas nama masyarakat dan Pemprov Maluku, kami memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Lantamal IX Ambon yang dipimpin Brigjen Said Latuconsina, karena dari 100 persen calon siswa yang lulus, justru 40 persen dari Lantamal IX Ambon. Dan dari Maluku ini representasi seluruh kabupaten/kota yang ada di Maluku termasuk Maluku Utara,” kata Wagub.

“Mari kita berikan doa kepada anak-anak (Calon siswa) kita ini, karena mereka masih harus mengikuti tahapan terakhir yaitu seleksi pusat di Sorong. Sekali lagi mari kita berdoa, karena mereka ini kebanggaan orang Maluku yang bila lulus akan mengabdi di TNI AL,” tutup Wagub.

Di tempat yang sama, Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, mengatakan, pada tahun ini pihaknya mengirimkan 136 calon siswa. Jumlah ini lebih banyak ketimbang jumlah casis di tahun sebelumnya, yakni 73 orang.

“Tahun lalu, kita kirim 73 orang dari Maluku. Dan puji Tuhan, semuanya lolos. Sekarang kita kirim 136, tapi nanti yang satu kita berangkatkan ke Surabaya, yaitu salah satu calon Bintara wanita akan mewakili di Surabaya. Jadi dibandingkan tahun lalu, tentunya ini jauh sekali,” terangnya.

Menurutnya, calon siswa asal Maluku yang mengikuti seleksi pusat di Satdik III Kodiklatal Sorong, Papua Barat sebanyak 48 persen (135 orang), sementara 52 persen lainnya merupakan calon siswa asal Lantamal Sorong, Merauke dan Jayapura.

“Dari empat Lantamal, Lantamal IX Ambon (Maluku) itu 48 persen. Sisanya kurang lebih 52 persen itu dibagi oleh tiga Lantamal yang lain. Jadi merupakan suatu kebanggaan. Kita bisa mengirimkan adik-adik kita dengan jumlah yang banyak,” ujar Latuconsina.

Perwira tinggi asal Negeri Pelauw itu berharap, seluruh calon siswa asal Maluku lolos usai mengikuti seleksi pusat yang merupakan tahapan terakhir pelaksanaan tes.

“Harapannya, semua harus bisa lolos. Ini harapan kita semua. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita,” harapnya.

Untuk diketahui, 135 casis antara lain berasal dari Kota Ambon; 47 orang, Leihitu; 4 orang, Salahutu; 14 orang, Haruku; 12 orang, Maluku Tengah; 16 orang, SBT; 3 orang, SBB; 16 orang, Pulau Banda; 3 orang, Buru; 9 orang, Tual; 3 orang, Aru; 2 orang, Saumlaki; 4 orang, MBD; 2 orang dan Maluku Utara 1 orang.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024