35.000 Warga Maluku Makan Papeda Serentak, Kodam Pattimura Pecahkan Rekor MURI

Share

AMBONKITA.COM,- Sebanyak kurang lebih 35.000 orang warga di Maluku, menyantap papeda, makanan khas Maluku yang terbuat dari sagu, Minggu pagi (22/5/2022).

Makan papeda terbanyak yang digelar secara hybrid tersebut membuat Kodam XVI/Pattimura berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Dengan mengusung tema Papeda Merah Putih, kegiatan pemecahan rekor MURI makan Papeda Terbanyak ini dipusatkan di atas Jembatan Merah Putih (JMP), Kota Ambon.

“Pesertanya 23.000 orang dengan papeda terpanjangnya 123 meter. Jadi kita ambil satu dua tiga itu, satu itu adalah kita ingin selalu berbuat terbaik, sebagai ksatria pelindung dan perekat bangsa, 23 adalah hari ulang tahun Kodam Pattimura yang ke-23, jadi itu maknanya,” kata Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon kepada wartawan.

Papeda atau bubur sagu tersebut adalah makanan khas Maluku yang menjadi kearifan lokal masyarakat.

“Jadi kita mengangkat kearifan lokal sampai pentas manapun juga. Bila perlu sampai internasional karena ini merupakan kebanggaan dari kita semua yang tinggal sebagai masyarakat Maluku,” ujar Tampubolon.

Di sisi lain, makanan papeda juga dipilih karena memiliki unsur perekat. Pada HUT ke-23, Kodam Pattimura berharap terus memiliki semangat sebagai perekat bangsa demi situasi yang aman kondusif, dan seluruh masyarakat sejahtera, baik di Maluku maupun Maluku Utara.

“Ini juga sekaligus kami dedikasikan kepada salah satu yang punya ide ini adalah almarhum Brigjen Stefanus Mahuri (Kasdam XVI/Pattimura),” kenang Tampubolon.

BACA JUGA: Hampir Tiga Tahun Baru Johan Lewerissa Dilantik sebagai Anggota DPRD Maluku, Ini Kata Gubernur

Jenderal bintang 2 TNI di Maluku dan Maluku Utara ini mengaku karya almarhum luar biasa. Meski beliau telah tiada, namun kontribusinya yang positif ini dapat terus dilaksanakan.

“Walaupun beliau sudah tidak ada, pastinya beliau bangga bahwa semua ide-ide beliau yang positif, kontribusinya juga positif akan kita teruskan. Mohon doa restunya, kami dari keluarga besar Kodam Pattimura dengan segala kerendahan hati, semoga kami dapat membuat yang terbaik bagi Maluku dan bagi bangsa dan negara tercinta ini,” pungkasnya.

Gubernur Maluku, Murad Ismail, memberikan apresiasi tinggi kepada Kodam Pattimura yang telah berhasil memecahkan rekor MURI makan papeda terbanyak.

“Saya atas nama pemerintah, keluarga dan seluruh masyarakat Maluku memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Kodam Pattimura dan MURI,” sebutnya.

Murad mengaku salut dengan kegiatan pemecahan rekor MURI yang digelar Kodam Pattimura.

“Dengan diberinya rekor Muri ini, rekor dunia, ini satu hal yang luar biasa, kita orang Maluku aja belum berpikir sampai papeda terpanjang ini, Kodam Pattimura sudah berfikir melalui Kasdam, mari kita sama-sama berdoa mudah-mudahan Pak Kasdam ini diterima di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkasnya.

“Sekali lagi saya atas nama pemerintah daerah provinsi Maluku dan rakyat Maluku memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Kodam XVI/Pattimura atas terselenggaranya acara makan papeda terpanjang di dunia,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024