Categories: AmbonkuMaluku

250 Siswa Kodiklatal Sorong Tiba di Ambon

Share

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 250 siswa dari Satuan Pendidikan (Satdik) 3 Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Sorong, Papua Barat, tiba di kota Ambon, Maluku, Jumat (26/8/2022).

Ratusan siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) angkatan XLII tahun 2022 itu sedang melaksanakan pelatihan praktek pelayaran. Siswa Dikmaba 100 orang dan Diktama 150 orang. Mereka didampingi pelatih dari Satdik 3 Sorong sejumlah 49 orang.

Kedatangan ratusan siswa di Lantamal IX Ambon setelah menjalankan latihan praktek berlayar dan pekan integrasi dengan Siswa Satdik 1 Tanjung Uban dan Satdik 2 Makasar di lingkungan Kodiklatal.

Selain latihan praktek berlayar, para calon prajurit TNI AL itu juga dikenalkan dengan Kotama-kotama TNI AL yang berada di Surabaya.

Ratusan siswa tiba di Ambon menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) dr. Wahidin Sudirohusodo – 991. KRI ini bersandar di Kesatrian Tawiri Lantamal IX, desa Tawiri, kecamatan Teluk Ambon, kota Ambon.

Sekedar diketahui, KRI dr. Wahidin Sudirohusodo adalah jenis kapal Bantu Rumah Sakit (BRS). KRI ini merupakan kapal pendukung pelaksanaan Operasi Militer Perang (OMP).

Berdasarkan Undang-Undang TNI Nomor 34 tahun 2004, pada masa damai kapal jenis itu dapat difungsikan dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Ini untuk membantu penanggulangan bencana alam, pengungsian, dan membantu melakukan pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue).

BACA JUGA: 6 Gunung Api Aktif Ditemukan di Laut Banda, Tingginya Hampir Setara Semeru

Dalam kesempatan berbeda, Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, menyampaikan selamat datang kepada para siswa dari Satdik 3 Sorong dan KRI dr. Wahidin Sudirohusodo – 991.

“Selama siswa berada di Lantamal IX, mereka akan diberikan pembekalan tentang Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI AL dan dikenalkan dengan fasilitas, sarana dan prasarana yang ada,” kata Said Latuconsina.

Jenderal bintang 1 TNI AL yang merupakan putra asli Maluku ini berpesan kepada para siswa untuk terus berlatih. Sebab, “Pelaut Tangguh tidak terbentuk dari ombak laut yang tenang,” katanya.

Page: 1 2

Recent Posts

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024