52 Adegan, Frans Rumahlaiselan Sempat Tidur Semalam dengan Mayat Istrinya

Share

AMBONKITA.COM,- Tim penyidik Satreskrim Polres Seram Bagian Barat (SBB), menggelar reka ulang kasus pembunuhan Erna Wirin (30) di tempat kejadian perkara (TKP), desa Nuruwe, Kecamatan Kairatu Barat, Kabupaten SBB, Jumat (20/8/2022).

Saat rekonstruksi selama lebih dari dua jam, Frans Rumahlaiselan, tersangka pembunuhan yang tak lain adalah suami korban sendiri, mempraktikkan sebanyak 52 adegan. Saat reka ulang dilakukan, ditemukan beberapa fakta baru yang mencengangkan.

Lelaki 41 tahun itu mempraktikkan peristiwa naas yang dilakukan terhadap istrinya. Dengan tangan diborgol, adegan yang dipraktikkan tersangka dimulai dari penganiayaan menggunakan kedua tangan, senjata tajam (parang), hingga menguburkan almarhumah tidak secara layak.

“Kemarin kita lakukan rekonstruksi kasus tindak pidana pembunuhan di Desa Nuruwe. Rekonstruksi dimulai pukul 10.20 – 12.50 WIT,” ungkap Kasi Humas Polres SBB, Ipda Mozes Riupassa kepada AmbonKita.com, Sabtu (20/8/2022).

Rekonstruksi dipraktikkan langsung oleh tersangka. Sementara korban dipraktikkan oleh petugas yang memegang batang pohon pisang.

“Dalam rekonstruksi tersebut dilakukan 52 (lima puluh dua) adegan yang menggambarkan peristiwa pidana oleh tersangka saat melakukan tindak pidana tersebut pada hari Sabtu, 9 Juli 2022, sekitar pukul 22.00 WIT,” ujarnya.

Adegan ulang pembunuhan yang dipraktikkan oleh tersangka dimulai dari melakukan penganiayaan terhadap korban. Tersangka menganiaya korban menggunakan kedua tangan serta alat sebilah parang.

Tersangka Frans Rumahlaiselan tampak sedang mempraktikkan saat dirinya mengeluarkan mayat istrinya Erna Wirin dari rumahnya pada Jumat (19/8/2022). (Foto: Humas Polres SBB)

Setelah menganiaya korban, tersangka kemudian mengangkat tubuh korban dan dimasukan ke dalam rumah. Tersangka lalu mengganti baju korban dan menidurkan korban. Tersangka juga mengetahui bahwa korban telah meninggal dunia.

“Tersangka tidur bersama jenazah Korban semalam,” tambah Riupassa yang meniru adegan reka ulang yang dilakukan tersangka.

BACA JUGA: Cemburu, Frans Rumahlesin Warga Nuruwe Habisi Istrinya

Esok harinya, kata Riupassa, tersangka yang terbangun dari tidur kemudian menggali kolam untuk menguburkan korban menggunakan parang.

Page: 1 2

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024