Categories: DaerahkuMaluku

Amankan Lebaran 2023, Operasi Ketupat Salawaku akan Digelar di Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Kepolisian Daerah Maluku akan menggelar Operasi Ketupat Salawaku untuk mengamankan perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah, Tahun 2023.

Operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan secara serentak di Indonesia itu berlangsung selama 14 hari sejak 18 April – 1 Mei 2023.

Untuk memantapkan jalannya operasi, Polda Maluku terlebih dahulu melaksanakan Latihan Pra Operasi (LPO) Ketupat. LPO dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Mapolda Maluku, Kota Ambon, Kamis (13/4/2023).

Pelatihan dibuka Karoops Polda Maluku, Kombes Pol Asep Saepudin, yang didampingi Direktur Samapta, dan Direktur Lalu Lintas Polda Maluku.

Kegiatan tersebut diikuti personel Polda Maluku baik berpangkat perwira maupun bintara yang dilibatkan dalam operasi pengamanan lebaran idul fitri tersebut.

BACA JUGA: Mudik Lebaran Aman Berkesan Siap Diwujudkan di Maluku

Koroops Asep Saipudin mengaku, pelatihan pra operasi ketupat salawaku bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan sinergitas personel Polda Maluku yang akan melaksanakan pengamanan di lapangan. Hal ini dilakukan agar terciptanya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakan.

Asep mengatakan pada Rabu (12/4/2023) telah dilakukan rapat koordinasi bersama seluruh Forkopimda dan stakeholder lainnya. Dan operasi ketupat salawaku tahun ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana saat itu masih terdapat pembatasan masyarakat karena pandemi covid-19.

Karena tak ada lagi pembatasan aktivitas masyarakat, maka berdasarkan pemantauan, arus mudik baik antar provinsi atau kabupaten/kota di Indonesia, akan terjadi peningkatan. Termasuk di Maluku.

Asep mengaku, peningkatan arus mudik dan aktivitas masyarakat akan berimbas pada beberapa hal. Seperti terjadinya kemacetan arus lalulintas di titik-titik tertentu.

“Karena akan ada peningkatan aktivitas masyarakat sehingga dibutuhkan kesiapan kita dalam pengamanannya nanti,” pintanya.

Kepada personel yang ditempatkan di Pos Pengamanan, atau Pos Pelayanan pada wilayah keramaian, Asep meminta agar selain menjalankan tugasnya, juga harus memperhatikan penampilan. Sikap tampan dan pelayanan terbaik harus diberikan kepada masyarakat.

“Karena kita ini adalah lambang dari negara dan ketika kita hadir di tengah-tengah masyarakat maka disitulah negara hadir untuk melayani, maka lakukanlah yang terbaik,” harapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024