Categories: Daerahkupariwisata

Banda Aman Wisatawan Asing Membludak

Share

AMBONKITA.COM,- Kunjungan wisatawan asing di Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) tahun ini membludak. Salah satu faktor penunjang kedatangan wisatawan yaitu keamanan dan kenyamanan.

Hal itu disampaikan Aba Rizal, seorang pelaku wisata dan juga selaku tokoh adat di Banda Neira, saat berbincang dengan Kapolsek Banda, Iptu Aris, Rabu (26/10/2022).

Aba Rizal mencatat tahun ini, khususnya di bulan Oktober-November 2022, para wisatawan silih berganti mendatangi salah satu tempat wisata terbaik di dunia.

“Bulan ini bulan yang bagus. Karena biasanya Oktober-November itu masa (air laut) tenang di Banda,” kata Rizal.

Di masa tenang air laut, Rizal mengaku banyak biota laut yang muncul, meski faktor utama kedatangan para turis mancanegara ini yaitu keindahan kepulauan Banda, baik di dasar laut, maupun datarannya.

“Banyak yang datang karena faktor keindahan pulau Banda dan juga sejarah. Kunjungan wisatawan tahun ini saya melihat membludak betul, mungkin karena habis covid,” jelasnya.

BACA JUGA: Tersangka Anak yang Mencabuli Bocah 8 Tahun akan Disidangkan

Menurut Rizal, banyaknya wisatawan yang datang membuat tempat-tempat usaha penginapan maupun perhotelan menjadi penuh.

“Kita pelaku wisata kamar-kamar kita full. Ini juga telah menambah perekonomian pelaku usaha termasuk masyarakat Banda,” ungkapnya.

Ramai datang wisatawan ke Banda tidak terlepas dari rasa aman dan nyaman yang diberikan aparat Polsek Banda, Polres Malteng.

“Para wisatawan yang datang di Banda ini selain karena keindahan laut, tapi mereka juga merasa aman dan nyaman,” sebutnya.

Rizal berharap ke depan adanya kerjasama yang kuat baik antara pihak kepolisian, pelaku wisata, maupun masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan juga keindahan pulau Bunda.

“Kami berharap ke depan kita juga bisa lebih konsen dalam menjaga keamanan dan kenyamanan. Dan untuk diketahui kita orang Banda ini sudah ada hubungan di abad 15 dan 16 di saat bangsa-bangsa Eropa datang untuk mencari pala. Jadi kita orang Banda ini sudah biasa dengan para wisatawan,” sebutnya.

Olehnya itu Rizal menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Maluku, Kapolres Malteng dan Kapolsek Banda yang sudah memberikan rasa aman dan nyaman di Banda. Sehingga para wisatawan dapat menjadi betah, dan akan terus kembali setiap tahunnya.

“Saya sebagai pelaku usaha dan juga tokoh adat di Banda ingin menyampaikan terima kasih atas kinerja dari kepolisian dalam memberikan keamanan dan kenyamanan. Dan ini harus terus dipertahankan di mana kerjasama orang Banda dan kepolisian harus terus ditingkatkan,” harapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024