Categories: Ambonku

Bekali Bintara & Tamtama Polri Remaja, Begini Pesan Kapolda Maluku dan Pangdam Pattimura

Share

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, dan Pangdam XVI/Patimura Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa, memberikan pembekalan kepada sebanyak 162 orang Bintara dan Tamtama Polri gelombang pertama tahun 2023.

Saat pembekalan yang digelar di gedung Sports Center Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis (27/7/2023), Kapolda dan Pangdam juga memberikan wejangan atau pesan untuk dilaksanakan dengan baik oleh para Bintara maupun Tamtama Polri Remaja tersebut.

Kapolda Maluku Lotharia Latif menyampaikan, menjadi anggota Polri adalah jalan hidup dan profesi yang telah dipilih dengan sadar atau tanpa ada paksaan. Polri diikat oleh sumpah Bhayangkara, Tribrata (pedoman hidup) dan Catur Prasetya (pedoman kerja).

Polri, lanjut Kapolda, adalah insan Rastra Sewakottama (Abdi utama daripada nusa dan bangsa). Tugas utama Polri yaitu melayani dan melindungi masyarakat. Perilaku dan tindakan anggota Polri dibatasi oleh kode etik dan disiplin, serta berlaku dalam peradilan umum.

“Bijak Bapak Kapolri adalah Presisi dan program Kapolda Maluku adalah Basudara Manise untuk mewujudkan Maluku yang aman, damai dan sejahtera,” katanya.

BACA JUGA: Semua Catar Akpol Terpilih Diharapkan Jadi Motivasi Para Pemuda di Maluku

Bintara Polri merupakan garis terdepan dalam pelayanan dan perlindungan masyarakat (adaptif, profesional, loyalitas, dan integritas).

“TNI dan Polri adalah pilar penting dalam menjaga negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) yang selalu solid dan bersinergi,” pintanya.

Sama halnya dengan Kapolda, Pangdam Pattimura Ruruh Setyawibawa, menyampaikan postur TNI dibangun dan dipersiapkan sebagai bagian dari postur pertahanan negara. Postur ini disiapkan untuk mengatasi ancaman bersenjata. Sementara kepolisian negara republik Indonesia merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta menegakkan hukum.

“Polri memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri,” ujarnya.

TNI dan Polri harus terus menjaga soliditas atau solidaritas, serta mengutamakan kegotong royongan adalah kunci kemajuan bangsa. “Dan yakin tidak ada yang super body di negeri ini, semua perlu berkolaborasi untuk kemajuan NKRI,” ujarnya.

Selain itu, Pangdam berharap agar komunikasi, koordinasi, kolaborasi dan kerja sama yang baik terus dijaga. Sebab, hal ini akan semakin menguatkan soliditas demi terciptanya stabilitas keamanan agar tetap kondusif. TNI dan Polri mempunyai kewajiban  mendukung dan membantu mensukseskan setiap program-program pemerintah.

“Program pemerintah dicanangkan dalam berbagai bidang, termasuk untuk mensejahtrakan masyarakat, dan  membantu penanganan bencana alam, memberikan pembinaan kepada masyarakat agar tidak terpengaruh oleh hal-hal yang negatif, dan menciptakan serta menjaga wilayah agar tetap kondusif,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024