Categories: DaerahkuHeadline

Berada di Tempat Keramat, Warga Adat Buru Tolak Eksplorasi Panas Bumi Terbarukan

Share

AMBONKITA.COM,- Lembaga Adat Soar Pito Soar Pa, petuanan Kayeli Kabupaten Buru, menolak eksplorasi panas bumi terbarukan oleh PT. Ormat bekerjasama dengan CV. Bumi Namrole.

Lokasi panas bumi atau geotermal berada di Desa Wapsalit, Kecamatan Lolongguba, Kabupaten Buru, wilayah adat Titar Pito.

Dalam video dan foto-foto yang diterima Ambonkita.com, sejumlah warga adat pada Jumat (22/7/2022) melakukan pemasangan sasi, tanda larangan secara adat. Warga memalang jalan dengan bambu, batang pohon serta memasang janur kuning sehingga alat berat milik perusahan tidak bisa beroperasi di lokasi energi panas bumi itu.

Warga menolak eksplorasi panas bumi karena lokasinya berada di tempat sakral atau tempat keramat dari Suku Giwagit (Behuku).

“Pemasangan sasi ini merupakan bentuk penolakan lembaga adat Soar Pito Soar Pa petuanan Kayeli terhadap kegiatan eksplorasi panas bumi karena lokasi tersebut berada di tempat keramat yang kami sakralkan. Karena itu tidak boleh ada kegiatan apapun apalagi untuk kegiatan ekspolrasi,” kata Andi Bihuku, Kepala Adat Behuku, yang mewaki lembaga adat Soar Pito Soar Pa dalam video usai pemasangan sasi.

BACA JUGA: Nelayan Desa Ubung Ditemukan Selamat

Apalagi kata Andi, pihak perusahan tidak berkoordinasi dengan lembaga adat untuk kegiatan eksplorasi panas bumi. Apa yang dilakukan perusahan tanpa sepengetahuan lembaga adat termasuk ahli waris.

“Kami menolak aktivitas apapun di wilayah adat Titar Pito, termasuk eksplorasi panas bumi dan lain-lain tanpa sepengetahuan Kepala Soa Matleagiwagit Titar Pito (ahli waris) dan lembaga adat Soar Pito Soar Pa petuanan Kayeli,” tegas Andi.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Buru bersama PT. Ormat dan CV. Bumi Namrole menggelar sosialisasi eksplorasi panas bumi kepada masyarakat Wapsalit pada 14-15 Juli 2022.

Hingga berita ini dipublish, Ambonkita.com belum bisa mengkonfirmasi Pemerintah Kabupaten Buru termasuk pihak PT. Ormat dan CV. Bumi Namrole terkait penolakan warga adat ini.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024