Besok, Krimsus Polda Maluku, KPK dan Bareskrim Polri akan Gelar Perkara CBP Tual

Share

AMBONKITA.COM,- Penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku, akan melakukan gelar perkara kasus dugaan korupsi Cadangan Beras Pemerintah (CBP) kota Tual. Gelar perkara rencananya dilakukan bersama KPK dan Bareskrim Polri, pada Rabu besok (24/8/2022).

Direktur Reskrimsus Polda Maluku, Kombes Pol Harold Wilson Huwae, mengatakan, gelar perkara kasus yang diduga akan menjerat Wali Kota Tual, Adam Rahayaan ini dilaksanakan di Markas Ditreskrimsus Polda Maluku di kota Ambon.

“Besok akan dilakukan gelar perkara bersama KPK dan Bareskrim di Ambon,” kata Harold saat ditemui AmbonKita.com di Tribun Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Selasa (23/8/2022).

Mantan Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease ini, mengaku perkara CBP Tual yang ditangani pihaknya telah menjadi atensi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Asistensi KPK di Indonesia hanya ada dua. Salah satunya di Polda Maluku yaitu CBP Tual. Jadi besok juga gelar perkara bersama Bareskrim,” tandasnya.

Gelar perkara antara Ditreskrimsus Polda Maluku, KPK dan Bareskrim Polri akan dilakukan untuk melihat apakah kasus itu akan ditingkatkan ke tahapan berikutnya yakni penetapan tersangka.

BACA JUGA: Korupsi CBP Tual, Gelar Perkara Bersama akan Kembali Dilakukan

Untuk diketahui, berdasarkan hasil audit BPKP Maluku, kasus itu telah merugikan negara sebesar Rp 1,5 miliar atau tepatnya Rp 1.599.360.000.

Perkara tersebut sebelumnya dilaporkan mantan Wakil Wali Kota Tual, Hamid Rahayaan dan seorang warga Dedy Lesmana, ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri di Jakarta tahun 2018 silam. Terlapornya adalah Adam Rahayaan, wali kota Tual.

Pada tahapan penyelidikan, perkara tersebut kemudian dilimpahkan Bareskrim Polri untuk ditangani lebih lanjut oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku. Pelimpahan kasus terjadi pada Maret 2019.

Page: 1 2

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024