BNN Maluku Canangkan Zona Integritas, Sekda Harap Kualitas Pelayanan Meningkat

Share

AMBONKITA.COM,- Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku, melakukan pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kegiatan deklarasi WBK dan WBBM yang dihadiri Penjabat Sekda Maluku, Sadali Ie, ini dilaksanakan di Kantor BNN Maluku, Karang Panjang, Kota Ambon, Kamis (10/2/2022).

“Saya harap, deklarasi ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan BNN Maluku. Mengingat, deklarasi pembangunan zona integritas merupakan langkah awal dalam pembangunan komitmen dan perbaikan di semua lini pelayanan pemerintahan,” kata Sadali.

Menurutnya, pembangunan zona integritas di lingkungan pemerintahan pada dasarnya merupakan inisiatif positif. Tujuannya untuk mewujudkan komitmen pencegahan korupsi dan reformasi birokrasi.

Seluruh instansi pemerintahan diharapkan dapat mencanangkan pembangunan zona integritas sebagai perwujudan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik. Dengan demikian, maka pelayanan dapat dilakukan secara cepat, tepat dan profesional.

Atas deklarasi Zona Integritas menuju WBK dan WBBM di lingkungan BNN Maluku tersebut, Sadali mengaku, pemerintah daerah memberikan apresiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Pencanangan pembangunan zona integritas, kata dia, merupakan role model reformasi birokrasi dalam penegakan integritas, pelayanan public yang berkualitas, serta menjadi aspek penting dalam pencegahan korupsi di instansi pemerintahan.

“Jika semakin banyak instansi pemerintahan yang memperoleh predikat zona integritas, maka pelayanan publik akan semakin baik dan bebas dari praktek KKN,” sebutnya.

Pencanangan zona integritas, tambah Sadali, merupakan proses yang dinamis dan berkelanjutan. Unit kerja yang berhasil meraih predikat itu, telah memenuhi check list persyaratan menuju WBK dan WBBM. Persyaratan tersebut meliputi indikator manajemen perubahan, penataan tata laksana, sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, akuntabilitas kinerja dan kualitas pelayanan publik.

Di sisi lain, Sadali mengungkapkan bahwa peredaran dan penyalahgunaan narkoba dari waktu ke waktu termasuk di Maluku cenderung menunjukkan tren peningkatan yang signifikan. Narkoba telah menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Olehnya itu diperlukan kerja sama seluruh pemangku kepentingan untuk mencegah dan memberantas peredaran narkoba.

“Pencanangan zona integritas saat ini tentunya akan meningkatkan kualitas pelayanan BNN provinsi Maluku sebagai leading sektor dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika di Maluku, karena memiliki fungsi pelayanan publik utama yaitu rehabilitasi, sosialisasi, asesmen terpadu dan layanan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN),” pungkasnya.

Untuk diketahui, deklarasi zona integritas menuju WBK dan WBBM dipimpin Kepala BNN Maluku Brigjen Pol. Drs. Rohmad Nursahid, serta ikut dihadiri perwakilan unsur Forkopimda Maluku, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku, Hasan Slamat, Rektor Unpatti Ambon M.J Saptenno, Kadis Kesehatan Maluku Dr. Zulkarnain.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024