Categories: Daerahku

IWAPI Maluku Diharapkan Jadi Penggerak Perubahan di Tengah Masyarakat

Share

AMBONKITA.COM,- Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Maluku diharapkan dapat mengambil bagian dalam proses pembangunan, dan menjadi penggerak perubahan di tengah masyarakat.

Harapan tersebut disampaikan Gubernur Maluku, Murad Ismail melalui sambutannya yang dibaca Penjabat Sekda Maluku, Sadali Ie, saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) IX IWAPI Maluku 2022, di Gedung TP PKK Maluku, Kota Ambon, Jumat (1/4/2022).

Gubernur Murad juga berharap IWAPI Maluku bisa mengambil inisiatif dalam program-program pembangunan ekonomi kreatif secara berkelanjutan.

Dengan demikian, ke depan peran IWAPI dapat semakin dirasakan manfaatnya, bukan saja untuk lingkungan internal pengurus, tetapi juga dirasakan masyarakat Maluku.

“Saat ini kita berada pada era global dan digitalisasi, dimana semakin kompleks dan kompetitif menghadapi kondisi pasar yang semakin terbuka dengan tingkat kompetisi yang semakin ketat,” katanya.

Dikatakan, tiada hari tanpa perubahan, termasuk perubahan di bidang finansial maupun ekonomi yang melampaui kemampuan untuk mengantisipasinya.

“Karena itu jika memontum Musda IWAPI Provinsi Maluku ini memilih tema “Peran Pengusaha Perempuan dalam Menjawab Tantangan Era Digital serta Finansial Sebagai Resiliensi”, maka sangat tepat merefleksikan makna dalam semangat yang kuat untuk selalu berpihak dan mengembangkan ekonomi perempuan serta daerah ini atau bertransformasi dalam usaha di sektor rill lainnya di wilayah Maluku,” jelasnya.

Mantan Dankor Brimob Polri itu juga berharap IWAPI Maluku mampu melakukan berbagai inovasi dan kreasi baru, mampu mengembangkan ekonomi kreatif berbasis pada sumber daya yang dimiliki oleh daerah ini.

“Sehingga dapat sama-sama mewujudkan visi pembangunan Maluku 2019-2024 yakni, “Maluku yang terkelola secara jujur, bersih, dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan,” harap dia.

Baca juga: Gubernur Harap Daerah 3T di Maluku Berkembang Sejajar di Indonesia

Murad melalui Sekda kembali berharap pelaksanaan Musda dapat berjalan baik, sebagai langkah awal menyatukan kembali kekuatan perempuan Maluku terutama pengurus IWAPI Provinsi Maluku.

“Sehingga dapat menghasilkan program dan kegiatan produktif, strategis dan konstruktif, bagi keberlangsungan organisasi IWAPI ke depan,” ujarnya.

IWAPI, sebut Gubernur, sebagai organisasi besar di Indonesia dan di Provinsi Maluku, secara internal tidak hanya menjalankan tugas dan fungsi organisatoris semata, tetapi juga harus memiliki pandangan yang luas ke depan (outward-looking), terutama untuk mensejahterakan rakyat Maluku.

“Untuk itu, saya berharap agar pelaksanaan Musda ini dapat dimanfaatkan sebagai momentum strategis dan menjadi wadah bagi para wanita pengusaha Indonesia Provinsi Maluku untuk menyatukan tekad dan semangat dalam rangka meningkatkan peran organisasi IWAPI terhadap kemajuan provinsi Maluku,”tandas Gubernur.

Sementara itu, Widya Pratiwi Murad Ismail, Pembina DPD IWAPI Provinsi Maluku, memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Musda tersebut.

Widya berharap hasil Musda dapat melahirkan program-program kegiatan yang memberikan dampak perubahan, tidak hanya bagi anggota IWAPI tetapi juga bagi kesejahteraan masyarakat Maluku.

“Kita kerja harus ada tujuan, yaitu perubahan bagi kesejahteraan masyarakat. Karena itu, saya harap IWAPI harus membuat program kerja yang lebih baik lagi. Harus ada prestasi dari tahun-tahun sebelumnya,” pintanya.

Istri Gubernur Maluku ini mengajak IWAPI untuk bersama-sama membawa perubahan bagi kesejahteraan masyarakat, dan ke depan dapat berkolaborasi bersama TP PKK.

“Saya tidak hanya sebagai dewan pembina IWAPI, tapi juga Ketua TP PKK, dimana PKK mempunyai 10 program kerja yang bisa kita sinergikan dan kita bisa kolaborasi bersama mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya.

Hadir dalam pembukaan Musda ke-IX IWAPI Provinsi Maluku, Wakil Ketua I DPP IWAPI, Tatiana Sutara, sejumlah pimpinan OPD Lingkup Provinsi Maluku, Ketua dan Pengurus IWAPI kabupaten/kota se-Maluku.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024