BNNP Maluku Luncurkan Desa Bersih Narkoba di Kailolo dan Batu Merah

Share

AMBONKITA.COM,- Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Maluku meluncurkan program desa Bersih Dari Narkoba (Bersinar) di Negeri Kailolo, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, dan Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Kepala BNNP Maluku Brigjen Pol Rohmad Nursahid mengatakan, desa bersinar adalah satuan wilayah setingkat keluarahan/desa yang memiliki kriteria tertentu. Dimana terdapat pelaksanaan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dilaksanakan secara massif.

Program desa Bersinar bertujuan untuk mengimplementasikan program P4GN demi terwujudnya pelaksanaan desa bersih dari narkoba.

“Program desa/kelurahan Bersinar merupakan program unggulan yang melibatkan partisipasi aktif dan komitmen perangkat daerah bersama masyarakat desa dalam fasilitasi, pendampingan dan pembinaan P4GN,” jelasnya.

BACA JUGA: Oknum Anggota DPRD Malteng Kepergok Istri Sedang Bersama WIL dalam Kamar Penginapan

BNNP Maluku, kata Nursahid, melaksanakan fasilitasi ketahanan keluarga anti narkoba berbasis sumber, berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 02 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024. Ini dilakukan untuk penguatan P4GN dan Preskusor Narkotika.

“Launching program kerja desa Bersinar, yang menjadi salah satu pilot project tingkat nasional BNN RI, telah dilaksanakan di Desa Kailolo pada tanggal 6 Oktober 2022 dan di Desa Batu Merah, Kota Ambon tanggal 13 Oktober 2022,” ungkapnya.

Dalam program ini, Nursahid mengaku pihaknya bekerjasama dengan Forkopimdes, Pemerintah Desa, Raja, Saniri Negeri, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Toko Masyarakat sebagai salah satu unsur dari upaya optimalisasi peran tiga pilar.

“Terlaksananya program kerja desa bersinar tidak terlepas dari peran dan partisipasi aktif serta komitmen dari bidang pencegahan, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi serta bidang pemberantasan dalam menyelenggarakan fasilitasi, P4GN dan perkusor narkotika,” pungkasnya.

Ia berharap, dengan diluncurkannya program desa Bersinar, maka tingkat penggunaan dan peredaran narkoba di kedua desa tersebut bisa menurun, atau bahkan bersih dari zat-zat adiktif itu.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024