Categories: AmbonkuMaluku

Buka Sosialisasi Satu Data Indonesia, Ini Kata Penjabat Sekda Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Untuk merealisasikan satu data di daerah memang diperlukan sebuah upaya seperti komitmen kepala daerah, kolaborasi, koordinasi dan sinergi antar instansi OPD.

Selain itu, juga diperlukan kebijakan dari pemerintah pusat, mengenai jenis data, standar data, format data, dan metadata yang seragam baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Keseragaman diperlukan karena selama ini penyelenggaran satu data di tingkat daerah terlihat berbeda-beda, tergantung persepsi dan pemahaman masing-masing daerah itu sendiri.

Demikian disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Sadali Ie, saat membuka pelaksanaan Sosialisasi Satu Data Indonesia, di Marina Hotel, Kota Ambon, Kamis (13/10/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan Dinas Informasi dan Komunikasi Provinsi Maluku, untuk mengimplementasi standar data dan metadata statistik sektoral.

Menurut Sadali, persepsi tentang standar data dan metadata statistik sektoral harus disamakan. Selain itu juga harus membahas berbagai kendala dan mencari solusi untuk pelaksanaan satu data Indonesia provinsi Maluku.

Pembahasan tersebut penting dilakukan, mengingat saat ini banyak data yang tersebar di setiap kementerian maupun lembaga pusat dan daerah, belum terkoneksi dengan baik serta datanya pun berbeda-beda.

BACA JUGA: BKSDA Maluku Amankan 41 Ekor Burung Dilindungi di Atas KM Tidar

Kebijakan satu data Indonesia, tambah Sadali, merupakan langkah strategis pemerintah pusat melalui Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019, tentang Satu Data Indonesia. Ini bertujuan untuk memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi pusat dan daerah, untuk penyelenggaraan tata kelola data demi mendukung perencanaan pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan.

“Sebagai wujud nyata tata kelola data yang baik, maka ketersediaan data yang akurat mutakhir terpadu dapat dipertanggung jawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan daerah,” jelas Sadali.

Menurutnya, kebijakan satu data di Provinsi Maluku telah terimplementasikan melalui Peraturan Gubernur Maluku Nomor 80 Tahun 2020, tentang Sistem Satu Data Provinsi Maluku. Juga SK Gubernur Maluku Nomor 413 Tahun 2022 tentang Pembentukan Forum Satu Fata Provinsi Maluku yang mengatur tentang Tata Kelola Satu Data Indonesia Provinsi Maluku. Dimana salah satunya adalah tugas produsen data untuk menyampaikan data sesuai dengan standar data dan metadata kepada walidata provinsi Maluku.

“Metadata merupakan informasi dalam bentuk struktur dan format yang baku dan menggambarkan data menjelaskan data serta memudahkan pencarian penggunaan dan pengelolaan informasi data,” ujarnya.

Metadata, tambah dia, juga memegang peranan penting dalam pengelolaan sistem satu data provinsi Maluku. Sehingga diperlukan persamaan persepsi, pandangan dan pemahaman antar OPD lingkup pemerintah provinsi Maluku.

Oleh karena itu, lanjut Sadali, pelaksanaan sosialisasi saat ini menjadi sarana dalam menyamakan persepsi dimaksud.

“Untuk itu, saya mengharapkan agar saudara-saudara (peserta) mengikuti materi yang diberikan narasumber dengan serius, untuk dapat menerapkannya pada OPD masing-masing,” harapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024