Categories: AmbonkuHeadline

Dari 165 Kuota Haji, Pemkot Ambon Hanya Melepas 162 JCH

Share

AMBONKITA.COM,- Tiga orang warga Kota Ambon gagal menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah, Arab Saudi, tahun 2022. Kuota mereka diisi oleh JCH dari kabupaten/kota lain di Maluku.

Pemerintah Kota Ambon melepas sebanyak 162 orang Jamaah Calon Haji (JCH), dari 165 kuota haji yang diberikan Pemerintah Pusat.

162 orang JCH dilepas Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Tantui Ambon, Sabtu (18/6/2022).

Pelepasan 162 JCH kota Ambon ditandai dengan penyerahan Pataka oleh Penjabat Wali Kota Ambon kepada ketua rombongan.

“Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi setiap umat Islam yang mampu. Setiap umat Islam tentunya mendambakan untuk menunaikan ibadah yang mulia ini. Karena selain melakukan ibadah juga merupakan panggilan dari Allah Subhanahu Wataala, Tuhan Yang Maha Kuasa,” kata Wattimena dalam sambutannya.

162 JCH yang akan diberangkatkan untuk menunaikan rukun Islam ke-5 tersebut, kata Wattimena, merupakan warga kota yang istimewa. Mereka mendapat berkah dan patut disyukuri secara bersama.

“Atas nama pribadi, keluarga dan segenap jajaran Pemerintah Kota Ambon mengucapkan rasa syukur dan sukacita. Kami mengucapkan selamat atas diberangkatkannya 162 calon jamaah haji Kota Ambon di tanah suci,” ungkapnya.

Agar perjalanan ibadah haji aman dan lancar, Wattimena menghimbau kepada semua jamaah agar senantiasa menjaga protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat secara disiplin di setiap aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA: 165 JCH Kota Ambon Ikut Bimbingan dan Pelatihan Manasik Haji

“Lebih khususnya, dalam mengikuti rangkaian ibadah haji di tanah suci dengan mengatur pola makan, minum dan istirahat yang cukup agar setiap rangkaian ibadah dapat dijalankan dengan baik dan dalam kondisi yang sehat,” pintanya.

Ia juga berharap para jamaah bisa menjaga diri, meningkatkan kesabaran, dan rasa syukur, berangkat dengan niat yang tulus. Tanamkan niat beribadah haji untuk mendapat keridhaan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

“Demikian juga dengan budaya tolong-menolong dan saling menjaga di tanah suci. Saya harapkan jamaah haji Kota Ambon agar dapat menjadi teladan yang baik dengan sesama, dengan mengutamakan semangat ukhuwah islamiyah, menguatkan tali persaudaraan, saling peduli antar sesama, serta yang paling penting adalah disiplin dan patuh mengikuti segala ketentuan tata tertib dalam penyelenggaraan ibadah haji sebagaimana diatur dan dipandu oleh petugas dan pendamping masing-masing,” harapnya.

Page: 1 2

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024