Dorong Pemanfaatan Energi Hijau, PLN  Siap Kembangkan Pembangkit EBT di Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- PLN terus berkomitmen untuk mendukung transisi energi melalui pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia.

Salah satu komitmen dilakukan melalui kesiapan pengembangan EBT berkapasitas 454,42 Mega Watt (MW) di Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan penggunaan energi yang lebih bersih dan hijau di Maluku dan Maluku Utara serta sebagai upaya mencapai carbon neutral di tahun 2060,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Adams Yogasara saat kegiatan Multi Stakeholder Forum PLN UIW MMU Tahun 2022, Senin (30/5/2022).

Sesuai Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021 -2030, Adams mengaku rencana pembangunan pembangkit EBT di Maluku sebanyak 21 lokasi dan Maluku Utara 13.

“Terdiri dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 185,17 MW,  Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP) 60 MW dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) 209,25 MW”, jelas Adams.

BACA JUGA: PLN Kerahkan Pasukan Khusus Pulihkan Sistem Kelistrikan di Ambon

PLN juga sedang merencanakan program dedieselisasi dengan mengganti sebanyak 33 Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) berkapasitas 94,33 MW yang tersebar di Maluku dan Maluku Utara menjadi Pembangkit EBT/PLTS.

“Langkah dedieselisasi ini merupakan upaya PLN untuk menghadirkan listrik yang ramah lingkungan atau upaya substitusi pembangkit listrik yang mengonsumsi BBM ke pembangkit yang memanfaatkan EBT yang ramah lingkungan,” tambah Adams.

Langkah yang akan dilakukan ini juga menjadi upaya perseroan mengeksplorasi sumber-sumber energi ramah lingkungan serta menggali potensi energi setempat yang bisa dikembangkan di masa mendatang.

“Ini adalah upaya dari PLN untuk meningkatkan penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan, sesuai dengan semangat Transformasi kami, yaitu Green,” pungkasnya.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Pattimura, Pieter Berhitu, menuturkan, Provinsi Maluku memiliki potensi yang baik untuk pemanfaatan EBT dengan melihat kondisi geografis dan sumber daya alam yang tersedia.

Dengan laut yang sangat luas disertai terdapatnya ribuan pulau kecil beserta pedalaman dan daerah pesisir, Provinsi Maluku, kata Berhitu, memiliki potensi pemanfaatan EBT berupa energi surya, angin, panas bumi dan energi arus laut.

“Namun ini perlu sinergi dan kolaborasi yang baik antara PLN dengan para stakeholder untuk dapat mewujudkan rencana yang telah dipaparkan PLN tersebut,” ungkapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024