DPRD Maluku Setujui Ranperda Penyertaan Modal Daerah PD Panca Karya

Share

AMBONKITA.COM,- Ranperda Penyertaan Modal Daerah PD Panca Karya disetujui DPRD Maluku menjadi Peraturan Daerah (Perda) provinsi Maluku. Persetujuan disampaikan melalui rapat Paripurna yang digelar di Kantor DPRD Maluku, Kota Ambon, Jumat (17/2/2023).

Rapat Paripurna yang dibuka Ketua DPRD Maluku Benhur Watubun ini dihadiri Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno, dan para Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

Gubernur Maluku, Murad Ismail, dalam sambutannya yang dibacakan Barnabas Orno, mengatakan, dengan semangat kebersamaan Pemda Maluku tetap memiliki komitmen yang kuat. Komitmen untuk mengabdi dan berbakti kepada kepentingan bangsa, negara terutama masyarakat Maluku. Tentunya melalui kebijakan pembentukan regulasi daerah sesuai semangat otonomi daerah.

“Yang dimulai dari tahap perencanaan, penyusunan, pembahasan, penetapan sampai dengan penyebarluasan Perda,  yang kesemuanya berawal dari penetapan program pembentukan Perda Provinsi Maluku saat ini,” katanya.

BACA JUGA: Penyelundupan 10 Batang Emas Ilegal, Polisi Tangkap Pegawai Avsec Bandara Pattimura

Sesuai amanat Undang-Undang (UU) No 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan UU No 13 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas UU No 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan yang telah ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 120 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri No 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah maka Program Pembentukan Perda Provinsi disusun oleh DPRD dan Gubernur, untuk jangka waktu 1 tahun berdasarkan skala prioritas pembentukan Ranperda.

“Hal itu setelah melalui pembahasan dan kajian yang mendalam oleh Badan Pembentukan Perda melalui pansus bersama-sama dengan Pemda Provinsi Maluku, maka pada hari ini telah disetujui bersama satu buah Ranperda Provinsi Maluku yang akan ditetapkan menjadi Perda, yaitu Ranperda tentang Penyertaan Modal Daerah Kepada Perusahan Umum Daerah Panca Karya,” jelasnya.

Terkait dengan persetujuan tersebut, Wagub menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan segenap anggota Dewan yang terhormat.

“Saya yakini sepenuhnya sebagai pengemban aspirasi rakyat, semua upaya ini semata-mata didasarkan pada amanah untuk kepentingan masyarakat Maluku guna terwujudnya Maluku Yang Terkelola Secara Jujur, Bersih dan Melayani, Terjamin Dalam Kesejahteraan dan Berdaulat atas Gugusan Kepulauan,” tandasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ini Kronologis Kecelakaan di Asilulu, Satu Meninggal, 10 Terluka, Kapolsek: Mobil Tak Mampu Menanjak

AMBONKITA.COM,- Terungkap penyebab terjadinya kecelakaan tunggal yang menewaskan satu orang penumpang di desa Asilulu, Kecamatan…

04/28/2024

Mobil Penumpang Terbalik di Asilulu, Satu Meninggal

AMBONKITA.COM,- Sebuah mobil penumpang berwarna oranye terbalik di tanjakan jalan desa Asilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten…

04/27/2024

Mantan Wali Kota Tual Jadi Tersangka, Begini Penjelasan Direktur Krimsus

AMBONKITA.COM,- Penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku menetapkan Adam Rahayaan, mantan Wali Kota Tual, sebagai tersangka kasus…

04/26/2024

Sadali Ie Kini Penjabat Gubernur Maluku

AMBONKITA.COM,- Sadali Ie, Sekda Provinsi Maluku resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Maluku. Ia dilantik Menteri…

04/26/2024

Kapolda Sidak Proses Rekrutmen Polri di SPN Passo

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, melakukan sidak proses rekrutmen Polri di SPN Polda…

04/26/2024

Mahasiswa di Ambon Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBONKITA.COM,- Marcelino Lattu, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di kota Ambon, ditemukan tewas gantung diri…

04/26/2024