Empat Unit Tempat Usaha di Namlea Ludes Terbakar

Share

AMBONKITA.COM,- Sebanyak empat unit bangunan tempat usaha terdiri dari kios, konter dan dua toko sembako yang berada di depan pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru, ludes terbakar, Senin (10/10/2022).

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Tapi diduga kebakaran terjadi akibat kelalaian Mama Lulu Buton, pemilik kios. Wanita 58 tahun ini kala itu membakar sampah berupa kayu balok, dan papan di samping kios, hingga merembet membakar kiosnya tersebut.

Kasi Sub Penmas Humas Polres Pulau Buru, Aipda M.Y.S Djamaludin yang dikonfirmasi Ambonkita.com membenarkan insiden kebakaran tersebut.

“Kebakaran tadi terjadi sekitar pukul 10.30 WIT yang menimpa kios milik Mama Lulu serta 3 unit bangunan lainnya,” kata Djamaludin.

Selain kios Mama Lulu, tiga unit bangunan lainnya yang terbakar yaitu konter HP milik Parmin (40), dan dua toko sembako, satu diantaranya milik Jais (41). Tak hanya itu, bagian depan gudang milik Kodim 1506 Namlea juga mengalami rusak ringan.

BACA JUGA: Diduga Depresi Berat, Tahanan Anak Ini Tewas Gantung Diri di LPKA Ambon

“Sesuai keterangan Mama Lulu sekitar pukul 06.00, ia membakar bekas sampah di samping kios. Selanjutnya ia meninggalkan sampah yang telah dibakar dan melakukan aktifitas di dalam kios miliknya. Dan pada pukul 10.30 WIT tiba- tiba terjadi kebakaran pada bagian kios Mama Lulu,” ungkapnya.

Melihat api sudah membesar, Mama Luluh langsung berlari keluar dari dalam kios. Ia  meminta bantuan kepada masyarakat sekitar. Warga setempat kemudian bersama memadamkan api menggunakan peralatan seadanya. Namun api semakin membesar hingga merembet membakar sejumlah bangunan yang berada di samping kiri dan kanan kios.

“Pada pukul 11.15 WIT, mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik pemerintah Kabupaten Buru tiba dan langsung melakukan pemadaman di TKP dan bantu oleh masyarakat, anggota Polsek Namlea, Polres Pulau Buru dan Kodim 1506 Namlea,” ungkapnya.

Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.20 WIT. Akibat kebakaran itu, kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp300 juta.

“Tidak ada korban jiwa saat kejadian itu. Saat ini anggota Satuan Reskrim Polres Pulau Buru telah melakukan pemasangan Police line di lokasi kebakaran,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Bendum PPP Siap Terima Amanah Partai untuk Maju Pilkada Kota Ambon

AMBONKITA.COM,- Bendahara Umum DPC PPP Kota Ambon Fidya Elly memantapkan niatnya untuk maju bertarung di…

05/19/2024

Hukum Adat Kei untuk Keadilan Korban Kekerasan Seksual

Fauziah A Ngabalin AMBONKITA.COM,- Dalam Kitab Hukum Adat Masyarakat Kepulauan Kei, Provinsi Maluku, memiliki aturan…

05/19/2024

KKP Amankan Kapal Ikan Asing Berbendera Rusia di Laut Arafura

AMBONKITA.COM,- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengamankan satu Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Rusia di…

05/19/2024

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024