Categories: Ambonku

Green Moluccas Gandeng GPM Klasis Pulau Ambon Lahirkan Kewang Cilik dan Remaja

Share

AMBONKITA.COM– Dalam rangka memperingati Hari Hutan, Hari Air dan Hari Bumi International yang jatuh pada April lalu, Green Moluccas menggandeng GPM Klasis Pulau Ambon menggelar lomba bertutur tentang alam untuk anak dan remaja, Sabtu (1/5/2021).

Dalam lomba kali ini Green Moluccas, mengangkat tema Menggali Makna Hutan yang Menghijau dan Air yang Berkilau untuk Bumi yang Layak Huni bagi Anak-anak.

Ajang ini adalah ajang kelima sepanjang tahun 2021 ini, yakni di wilayah Kusu-kusu, Eri, Hukurila dan Airlouw.

Green Moluccas berharap dari ajang ini akan lahir Kewang (penjaga hutan) Cilik dan Remaja sebagai duta-duta lingkungan yang diharapkan bisa menyuarakan berbagai permasalahan lingkungan hidup di Maluku

Lomba bertutur ini melibatkan 46 peserta yang terdiri atas 19 orang untuk kategori anak dan 27 orang kategori remaja, yang seluruhnya berasal dari anggota jemaat se-Klasis Pulau Ambon.

Dalam sambutannya, Executive Director Green Moluccas Azmida Kwalomine menyampaikan harapannya, agar ajang ini menjadi ruang belajar bagi anak-anak yang merupakan penerus estafet kepemimpinan di negeri ini.

‘’Kelak, ketika mereka memimpin diharapkan bisa lebih memperhatikan dampak perubahan lingkungan dan mengerti apa yang harus dilakukan, ‘’ jalas Azmida.

Kegiatan yang mendapat dukungan penuh dari GPM Klasis Pulau Ambon dan UPTD IPST Kota Ambon ini menghadirkan tiga orang juri, Thos Ruhulessin selaku MPK Klasis Pulau Ambon, Paulina Gaspersz dari Badan Pusat Statistik dan Irene Mindelwil Sohilait selaku kepala UPTD IPST Dinas Lingkungan Hidup kota Ambon.

Menurut Thos Ruhulessin kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perwujudan relasi kerjasama yang penting antara Klasis Pulau Ambon dan Green Moluccas.

‘’Karena kegiatan seperti ini dapat membangun keberanian dan kemampuan berekspresi juga berpendapat bagi anak-anak, ‘’katanya.

Pasca kegiatan ini, Kewang Cilik dan Remaja yang telah terpilih, selanjutnya menjadi duta-duta lingkungan Green Moluccas yang akan terus dibimbing, sehingga bisa meneruskan tugas sebagai Kewang di jemaat masing-masing.

Azmida mengungkapkan kampanye pemulihan krisis lingkungan hidup diharapkan bisa menjadi kerja bersama mulai dari rumah dan lingkungan terdekat.

Yang menarik menurut Azmida, seluruh peserta yang terlibat juga didaftarkan menjadi nasabah pada Bank Sampah Ambon Hijau milik Green Moluccas, serta akan terus dilibatkan dalam berbagai program.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul sembilan pagi dan baru berakhir sore hari di aula kantor Klasis Pulau Ambon ini, akhirnya memutuskan Aurelia Pattisina dari Jemaat GPM Kusu-kusu Sereh sebagai Juara 1 Kewang Cilik dengan judul naskah Isi Kabong (Isi Kebun).

Mishella Telussa dari Jemaat GPM Mahia sebagai Juara 1 Kewang Remaja dengan judul naskah Kalesang Dusun par Tampa Makang Ana Cucu (Mengurus Dusun untuk Tempat Makan Anak Cucu).

Green Moluccas menilai degradasi hutan yang menjadi salah satu penyebab terjadinya krisis air bersih di kota Ambon juga persoalan sampah menjadi sorotan pada lomba kali ini. Hal ini terlihat jelas pada tema cerita yang dibawakan oleh sebagian besar peserta.

Menurut Azmida, ancaman degradasi hutan dan pencemaran laut terhadap ketersediaan bahan pangan lokal juga tak luput disoroti. ‘’Kesadaran akan pentingnya menjaga hutan, air, juga laut secara bersama-sama telah tumbuh pada mereka dan tak bisa lagi ditunda-tunda, “kata

Menurut  salah satu juri, Irene Mindelwil Sohilait pentingnya acara ini  karena dapat menumbuhkan kesadaran sejak dini pentingnya menjaga lingkungan hidup.

‘’Kan  manfaatnya bukan hanya untuk saat ini, tapi juga untuk keberlanjutan hidup generasi mendatang, ‘’tegasnya. (M-2)

 

 

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024