Gubernur Maluku Juga Bergelar Adat “Vish Bad” dari Maluku Tenggara

Share

AMBONKITA.COM,- Gubernur Maluku Murad Ismail, kembali mendapat gelar adat. Kali ini dari Maur Ohoiwut, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Sebelumnya, Murad juga mendapat gelar anak adat dari Desa Olilit, Desa Sifnana dan Desa Lauran, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Gelar adat yang diterima saat ini yaitu “Vish Bad”. Secara harfiah, gelar ini artinya mengemas yang rusak atau kurang, menjadi kembali baik dan sempurna. Bahwa seseorang dipercayakan menjadi pemimpin untuk membenahi kekurangan dan kelemahan, menjadi jauh lebih baik.

Tak hanya Murad, Istrinya, Widya Pratiwi Murad Ismail, juga mendapat gelar adat “Dit Evav”. Ini artinya putri yang disayangi, dikasihi. Kedudukannya sangat dihormati.

Gelar adat yang diterima oleh Murad dan istrinya itu setelah mengunjungi Kabupaten Malra, Jumat (22/7/2022).

Pengukuhan adat diawali saat Raja Maur Ohoiwut, Leopold Rahail, didampingi tetua adat dan Panglima Maur Ohoiwut menjemput Gubernur dan isteri di kediaman Bupati Malra, M. Thaher Hanubun. Mereka kemudian berjalan menuju rumah Raja Danar. Di sana, delapan Raja menyelenggarakan rapat sebelum prosesi pengukuhan dilakukan.

Sebelum pengukuhan adat, Raja Danar, Abdul Gani Hanubun, melakukan prosesi ritual dan pemakaian jubah kebesaran berwarna merah dan pemasangan Mahkota kepada Gubernur. Sementara istrinya, dikalungkan syal kain tenun berwarna merah khas Maluku dari Ibu Raja Danar, Evi.

Pengukuhan dan pemberian gelar adat terhadap Gubernur Maluku berdasarkan Putusan Rat-Rat Ursiuw Lor Lim (Raja Patasiwa Patalima) Kepulauan Kei, Nomor 09/RUS-RLL/VII/2022.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, pribadi dan keluarga, saya dengan ketulusan hati menyampaikan terima kasih, dan memberikan apresiasi yang luar biasa kepada para raja, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan seluruh masyarakat Kei, di Maluku Tenggara, yang telah memberikan kepercayaan dan penghormatan kepada saya, untuk mengemban amanat sebagai seorang Vish Bad,” kata Murad dalam sambutannya.

BACA JUGA: Gubernur Maluku Terharu Kembali Dianugerahi Gelar Adat di Tanimbar

Mantan Dankor Brimob Polri ini mengaku, pemberian gelar adat merupakan amanah yang tidak ringan. Ia akan berusaha tetap menjaga amanah yang dipercayakan kepadanya.

Page: 1 2

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024