Ini Menu yang Disantap 55 Siswa SMA Siwalima Ambon, Korban Dugaan Keracunan Makanan

Share

AMBONKITA.COM,- Berdasarkan data dari Puskesmas Nania, tercatat sebanyak 55 orang siswa SMA Siwalima Ambon diduga mengalami keracunan makanan. Mereka merasakan pusing, mual, muntah, hingga diare.

“Sebanyak 55 siswa pelajar sesuai data dari dinas Puskesmas Nania rata-rata para siswa pelajar mengalami keluhan mual-mual, kepala pusing, muntah dan buang-buang air (diare),” kata Kapolsek Baguala, AKP Meity Jacobus, Jumat (18/11/2022).

Meity mengaku, berdasarkan pengakuan seorang siswi berinisial PM, kelas 11 SMA Siwalima Ambon, mengaku pada Kamis (17/11/2022) sekira pukul 13.00 WIT, menyantap menu makan siang di ruang makan pelajar.

“Para siswa makan makanan dengan menu ikan goreng dan sayur bayam. Selanjutnya pada malam hari yang bersangkutan (Siswi PM) mengalami lemas dan rasa muntah,” katanya.

Setelah merasa lemas, sekira pukul 20.00 WIT, PM kemudian mengkonsumsi makan malam dengan menu sup kacang hijau dan telur dadar.

“Namun pada saat yang bersangkutan menikmati makanan itu, dia langsung mengalami kepala pusing, rasa mual-mual disertai rasa mau muntah. Namun selanjutnya yang bersangkutan masih memaksakan diri untuk mengikuti giat belajar malam,” ungkapnya.

BACA JUGA: Siswa SMA Siwalima Ambon Diduga Keracunan Makanan

Esok harinya Jumat (18/11/2022), PM kembali mengalami sakit perut, mual, kepala pusing disertai lemas yang mengakibatkan penurunan kesadaran.

“Dugaan sementara para siswa yang mengalami sakit/keracunan diakibatkan oleh makanan pada saat makan siang bersama di ruang makan siswa pelajar pada hari Kamis, 17 November 2022 dengan menu sayur bayam dan ikan goreng,” ujar Meity.

Mantan Kapolsek Sirimau Ambon ini mengaku saat ini pihak Puskesmas Nania sudah mengirim sampel makanan untuk diteliti di Laboratorium.

“Seluruh siswa pelajar yang mengalami sakit masih dalam perawatan medis sementara di ruang UKS dan aula sekolah oleh tenaga medis Puskesmas Nania dan Dinas Kesehatan Kota Ambon. Siswa yang mengalami dugaan keracunan masal diperkirakan akan bertambah,” pungkasnya.

Sementara itu, menurut orang tua murid salah satu siswa SMA Siwalima Ambon, mengaku menu pagi yang disantap hari ini yakni nasi putih, sambal goreng dan acar mentah.

“Beta sudah bawa pulang kacil di rumah untuk diistirahat. Dia sudah agak mendingan,” kata orang tua siswa kelas I SMA Siwalima Ambon ini kepada AmbonKita.com.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024