Jaksa Tahan Dua Tersangka Korupsi Anggaran Pilpres dan Pileg SBB

Share

AMBONKITA.COM,- Dua tersangka kasus dugaan korupsi anggaran Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada KPUD Seram Bagian Barat (SBB) sebesar lebih dari Rp9 miliar tahun 2014, akhirnya ditahan jaksa.

Kedua tersangka ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIA Ambon, Kawasan Waiheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon. Mereka adalah MDL, selaku PPK pada KPUD SBB dan HBR sebagai bendahara.

“Tersangka MDL dan HBR telah ditahan oleh jaksa penuntut umum Kejati Maluku,” kata Kasi Penkum dan Humas Kejati Maluku, Wahyudi Kareba, Rabu (5/10/2022).

Kareba mengatakan, MDL dan HBR ditahan setelah tim penyidik melakukan tahap II atau penyerahan tersangka dan barang bukti kepada Penuntut Umum Kejati Maluku.

“Yang ditahan atas nama MDL selaku PPK pada KPUD SBB dan HBR selaku bendahara pemilihan Legislatif dan pemilihan Presiden tahun 2014,” tambahnya.

BACA JUGA: Bendahara dan PPK KPUD SBB Ditetapkan Tersangka

Untuk diketahui, berdasarkan hasil penyidikan dari tim Pidsus Kejati Maluku, terungkap modus operandi yang mereka lakukan. Yaitu ditemukan beberapa dokumen fiktif, markup dan pemotongan anggaran.

Kedua tersangka dijerat dengan pasal 2 ayat 1 jo pasal 3 jo pasal 18 Undang-undang No. 31 tahun 1999, Undang-undang Nomor 20 Tahun 2021 Tentang Peribahan atas Undang-undang No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke -1 KUHP.

Dalam kasus itu, sebanyak 57 orang saksi telah diperiksa penyidik. Diantaranya para Panitia Pemilihan Kecamatan, hingga Komisioner dan pegawai administrasi KPUD SBB.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ini Kronologis Kecelakaan di Asilulu, Satu Meninggal, 10 Terluka, Kapolsek: Mobil Tak Mampu Menanjak

AMBONKITA.COM,- Terungkap penyebab terjadinya kecelakaan tunggal yang menewaskan satu orang penumpang di desa Asilulu, Kecamatan…

04/28/2024

Mobil Penumpang Terbalik di Asilulu, Satu Meninggal

AMBONKITA.COM,- Sebuah mobil penumpang berwarna oranye terbalik di tanjakan jalan desa Asilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten…

04/27/2024

Mantan Wali Kota Tual Jadi Tersangka, Begini Penjelasan Direktur Krimsus

AMBONKITA.COM,- Penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku menetapkan Adam Rahayaan, mantan Wali Kota Tual, sebagai tersangka kasus…

04/26/2024

Sadali Ie Kini Penjabat Gubernur Maluku

AMBONKITA.COM,- Sadali Ie, Sekda Provinsi Maluku resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Maluku. Ia dilantik Menteri…

04/26/2024

Kapolda Sidak Proses Rekrutmen Polri di SPN Passo

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, melakukan sidak proses rekrutmen Polri di SPN Polda…

04/26/2024

Mahasiswa di Ambon Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBONKITA.COM,- Marcelino Lattu, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di kota Ambon, ditemukan tewas gantung diri…

04/26/2024