Categories: pariwisata

Jejeran Kata Bijak Nyeleneh di Pantai Toisapu, Pulau Ambon

Share

AMBONKITA.COM,- Kata bijak alias quotes berjejer ditempel di batang-batang pohon sejak pintu masuk ke arah Pantai Toisapu. Kata-kata seperti ‘Dilarang buang mantan di sini’ lucu saja jika berpose sambil menunjuk ke arah tulisannya seperti yang dilakukan penulis.

Masih banyak lagi jejeran kata bijak nyeleneh alias tak sesuai kaidahnya terpajang di pepohonan di Pantai ini. Seperti ‘;Hati-hati di jalan, hatinya jangan jalan-jalan, ingat! ada hati yang lagi dijalani” atau ”kapan ketemu jodoh” dan “jalan bareng jadian nggak”. Sepertinya kita diajak senyum-senyum membaca quotes yang tertempel di sana.

Kawasan menuju pantai sengaja dibangun oleh warga setempat sebagai sumber pendapatan bagi desa. Tak heran ada sejumlah fasilitas seperti toilet, rumah panggung untuk acara, halaman yang luas untuk outbond, serta tempat duduk yang terbuat dari papan-papan dengan taman yang menarik.

Menuju ke arah pantai yang cukup menjorok ke bawah, kamu harus menuruni anak tangga yang sengaja dibuat untuk mempermudah akses. Cukup curam, sehingga butuh hati-hati menuruninya. Di bagian bawah terdapat dua anjungan untuk melihat laut yang terhampar luas.

Tapi jika kamu menuruni tangga lebih ke bawah kamu akan menemukan pantai dengan batu coral dan goa kecil. Tak heran namanya Pantai Coral Toisapu.

Goa atau disebut liang oleh warga setempat diberi nama Liang Payer. Tak jelas apa makna kata Payer. Namun di mulut liang atau goa ini kamu bisa masuk ke dalamnya karena tangga untuk masuk sengaja dibeton untuk mempermudah akses.

Kamu penasaran apa isi liang ini, kamu wajib datang sendiri dan melihat langsung.

Untuk sampai ke kawasan ini kamu bisa masuk melalui Desa Passo ke arah Batu Gong, lalu lurus saja hingga sampai di Desa Hutumuri. Dari jalan besar di Desa Hutumuri kamu bisa  melihat papan nama yang berada di kanan jalan, lalu berbelok melewati jalan setapak hingga ke arah dalam sekitar 100 meter dari jalan besar.

Untuk biaya masuk kamu akan ditagih 15 ribu permotor. Perorang kamu ditagih lima ribu. Menurut Alex yang penulis temui saat masuk ke kawasan ini, jika pagi hingga pukul 11-an kawasan ini sepi, namun jangan datang di atas pukul 12 siang pengunjung bakal ramai.

Jadi baiknya sih, kamu datang pagi atau sore jelang sunset, kamu bisa menonton sunset yang indah dari Pantai Coral Toisapu di Desa Hutumuri, Pulau Ambon ini.

Penulis : Insany Syahbarwaty

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024