Jelang Hari Bhayangkara, Polda Maluku Gelar Upacara Penyucian Pataka Salawaku Emarina

Share

AMBONKITA.COM,- Kepolisian Daerah Maluku menggelar upacara penyucian Pataka Salawaku Emarina di Rupatama Mapolda Maluku, Kota Ambon, Rabu (22/6/2022). Upacara dilakukan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76.

Pataka Salawaku Emarina merupakan lambang dari Satuan Polda Maluku. Upacara penyucian itu juga digelar untuk mengenang kembali nilai luhur awal berdirinya Satuan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) di wilayah Maluku.

Upacara penyucian Pataka Salawaku Emarina langsung dipimpin Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif. Turut hadir Wakapolda, Brigjen Pol Jan Leonard de Fretes, Irwasda, Kombes Pol Jannus Parlindungan Siregar, para pejabat utama Polda Maluku dan perwakilan personel dari masing-masing satuan kerja.

Komandan Upacara Penyucian Pataka yaitu Kompol J. Sumbung, perwira menengah pada Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Maluku. Sementara pembawa Bendera Pataka adalah Ipda Kiki Yamrewav, perwira pertama pada Satuan Brimob Polda Maluku.

BACA JUGA: Polda Maluku Benarkan Penangkapan Dua Oknum Polisi Narkoba, Bila Terbukti Dipecat

Kapolda Maluku Lotharia Latif dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada peserta upacara penyucian Pataka Polda Maluku, menyambut HUT Bhayangkara yang akan jatuh pada 1 Juli 2022 mendatang.

“Terima kasih kepada para pejabat utama Polda dan peserta upacara yang walau dalam kondisi hujan namun dapat hadir pada upacara ini, mungkin upacara cuci Pataka kali ini merupakan yang terakhir di kantor kita yang lama ini dan ke depan mungkin akan di laksanakan di kantor kita yang baru,” kata Kapolda.

Kapolda meminta kepada seluruh personel untuk dapat memahami filosofi dari Pataka Salawaku Emarina dan sejarah lahirnya Polda Maluku. Ia mengaku, Polda Maluku merupakan salah satu Polda pertama di Indonesia.

“Kita sama-sama sudah mendengar sejarah singkat awal berdirinya Polda Maluku dan awal diberikannya Pataka kita Salawaku Emarina oleh Menteri Angkatan Kepolisian kita Pak Hogeng. Olehnya itu saya minta kita semua harus paham dengan filosofi sejarah dan perjuangan Polda Maluku, karena Polda kita ini merupakan salah satu Polda pertama yang di bentuk bersama Polda lain yang ada di Indonesia,” pintanya.

Dengan pengorbanan darah dan air mata, Kapolda mengaku hingga saat ini, Polda Maluku masih terus berdiri dengan gagah berani. Sehingga setiap personil diharapkan agar tetap memberikan yang terbaik.

“Kita harus paham dan bangga dengan sejarah yang kita miliki, dengan tetap melakukan hal yang terbaik dan hindari pelanggaran dalam tugas kita selaku personel Polda Maluku,” harapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024