Jelang Ramadan, PLN Siagakan 2.556 Personil Amankan Pasokan Listrik di Maluku dan Maluku Utara

Share

AMBONKITA.COM,- PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW-MMU) menyiagakan sebanyak 2.556 personil untuk mengamankan pasokan listrik dalam bulan Ramadan hingga perayaan Idul Fitri 1443 Hijriyah mendatang.

Ribuan personil yang dikerahkan untuk menjaga kualitas kelistrikan terdiri dari Tim PLN, Petugas Pelayanan Teknik, Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dan Operator Pembangkit.

“Keseluruhan personil PLN disiagakan sejak hari ini (1 April) hingga 10 Mei 2022 mendatang,” ungkap Manager Komunikasi dan TJSL PLN UIW MMU, Hairul Hatala kepada wartawan di Ambon, Jumat (1/4/2022).

“Kami juga telah menyiapkan keandalan pasokan listrik dengan melakukan assesment dan pemeliharaan preventif pada seluruh instalasi pembangkit, transmisi dan distribusi,” tambah dia.

Menurut Hairul, beban kelistrikan di Maluku dan Maluku Utara saat ini masih dalam kondisi terdampak covid-19. Namun diproyeksikan beban relatif lebih tinggi dibandingkan dengan bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun lalu.

“Diproyeksikan Beban Puncak pada sistem kelistrikan dari 109 sistem isolated di Maluku dan Maluku Utara secara keseluruhan saat Ramadan dan Idul Fitri 1443 Hijriyah mencapai 226,21 MW. Relatif lebih tinggi 10% jika dibandingkan dengan beban tahun lalu yang mencapai 203,41 MW,” sebutnya.

Baca juga: Setelah Puluhan Tahun, 6 Desa di Seram Timur Ini Akhirnya Teraliri Listrik PLN

Khusus untuk sistem kelistrikan di Ambon sendiri, Dirinya mengaku Beban Puncak saat Ramadan dan Idul Fitri 1443 H, diproyeksikan mencapai 59,20 MW. Dengan Daya Mampu sebesar 107,7 MW, maka terdapat Cadangan Daya sebesar 48,50 MW.

Sedangkan untuk sistem kelistrikan Ternate-Tidore, Beban Puncak saat Ramadan dan Idul Fitri 1443 H, diproyeksikan mencapai 37,88 MW. Dengan Daya Mampu sebesar 45,28 MW, maka Cadangan Daya yang tersedia mencapai 7,40 MW.

“Kami pun menyiagakan 5 unit Uninteruptible Power Supply (UPS), 29 Unit Gardu Bergerak dan 32 unit Genset tersebar di Maluku dan Maluku Utara yang akan disiagakan pada titik-titik strategis khususnya rumah-rumah ibadah,” jelas Hairul.

Di samping itu, PLN juga telah memastikan ketahanan stok bahan bakar pembangkit tersedia cukup selama masa siaga Ramadan dan Idul Fitri 1443 H.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh pelanggan untuk dapat melapor melalui aplikasi PLN Mobile jika terdapat gangguan kelistrikan maupun pengaduan permasalahan kelistrikan lainnya yang dialami,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

View Comments

Recent Posts

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024