Kanwil Bea Cukai Maluku Gelar Apel Bersama Sinergi Pengawasan Laut

Share

AMBONKITA.COM,- Kantor wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Maluku menggelar apel bersama sinergi pengawasan laut bersama Ditpolairud Polda Maluku, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Ambon, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP C Ambon, serta Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai Tipe B Sorong.

Apel bersama sinergi pengawasan laut tersebut diselenggarakan di Markas Ditpolairud Polda Maluku, Kawasan Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Jumat (27/5/2022).

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Maluku, Priyono Triatmojo, bertindak sebagai inspektur apel. Dalam amanatnya ia menyampaikan operasi bersama dilaksanakan untuk menindaklanjuti perjanjian kerjasama tentang peningkatan sinergi, operasional, sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing instansi yang berkecimpung dalam pengawasan laut.

“Yang diatur juga kesepakatan dalam tukar menukar data dan yang dilakukan antara Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri, dan Direktorat Jenderal bea dan cukai, dengan Direktorat Jenderal Perhubungan laut dan kementerian perhubungan Republik Indonesia,” kata Priyono.

BACA JUGA: Penerimaan Bea Cukai Maluku Tahun 2021 Tembus Rp.110,2 Miliar

Sinergi pengawasan laut ini, tambah Priyono, juga diselenggarakan untuk menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa aparatur Negara Republik Indonesia telah bersinergi, kerja bersama-sama dalam menjalankan kepentingan negara. Terutama dalam menanggulangi dan menjaga pelanggaran-pelanggaran di wilayah perairan Indonesia, khususnya di perairan Maluku.

“Dengan melihat daerah pengawasan di laut kita sadar betul bahwa penegakan hukum di laut sangat sulit jika dilakukan sendiri-sendiri. Kita tidak mungkin melakukan sendiri-sendiri tetapi harus saling bergandeng tangan untuk menjaga wilayah laut yang sangat luas,” harapnya.

Oleh karena itu sebagai aparatur negara yang merupakan bagian dari aset bangsa, Priyono berharap agar saling bersinergi, berkoordinasi dan berkolaborasi. Sehingga pelaksanaan tugas yang diembankan dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Kepada tim anggota operasi saya harapkan dapat melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya dan dalam hal ditemukannya tindak pidana pelanggaran harus selalu mengedepankan asas praduga tak bersalah dan menempatkan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi maupun golongan,” pintanya.

Dengan adanya operasi ini, Priyono juga berharap dapat meminimalisir atau bahkan meniadakan pelanggaran di wilayah perairan Maluku, khususnya di perairan Teluk Ambon dan sekitarnya.

Untuk diketahui, sinergi pengawasan laut ditandai dengan pengguntingan pita pertanda pelepasan patroli pengawasan bersama.

Pengguntingan pita dilakukan oleh Inspektur apel pada Kapal Polisi (KP) Beo, milik Ditpolairud Polda Maluku.

Editor: Husen Toisuta

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024