Categories: Daerahku

Kapal Listrik Buatan Indonesia Pertama Beroperasi di Maluku, Diresmikan Gubernur

Share

AMBONKITA.COM,- Kapal pembangkit listrik buatan pertama Indonesia, Barge Mounted Power Plant (BMPP) Nusantara 1, akhirnya beroperasi di Provinsi Maluku, tepatnya melayani wilayah Pulau Ambon.

Pengoperasian kapal listrik yang diproduksi PT PAL Indonesia itu diresmikan Gubernur Maluku, Murad Ismail di Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (14/4/2022).

Kapal BMPP Nusantara 1 itu sendiri menggantikan kapal listrik Yasin Bey asal Turki yang beroperasi di wilayah Pulau Ambon sejak 2017 lalu.

Saat peresmian, Gubernur didampingi Deputi 1 Kantor Staf Presiden, Febry Calvin Tetelepta, Anggota DPR RI, Mercy Christy Barends, dan Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua & Nusa Tenggara, Adi Priyanto.

Peresmian kapal ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur. Kegiatan itu turut disaksikan Direktur Utama PT. PLN Persero, Darmawan Prasodjo secara virtual.

Kapal berdaya 60 Mega Watt itu akan memasok listrik ke sistem interkoneksi kelistrikan di Maluku. Dengan hadirnya kapal pembangkit listrik ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pasokan listrik di wilayah Provinsi Maluku.

Gubenur dalam sambutannya mengaku atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada PLN Group dan PT PAL (Persero) yang telah menghadirkan kapal pembangkit listrik berkapasitas 60 mega watt di Maluku.

“Ini merupakan kebanggaan bagi kita semua, karena Provinsi Maluku menjadi wilayah pertama pengoperasian kapal pembangkit produk Indonesia,” kata Gubernur Murad.

Baca juga: 1 Kg Ganja Diamankan Polisi dari Tangan Pemuda Gang Singa Ambon

Kehadiran kapal pembangkit BMPP Nusantara 1, ujar mantan Dankor Brimob Polri ini, merupakan komitmen dan dukungan PT. PLN Persero untuk menjaga kehandalan pasokan listrik dengan tetap memperhatikan cadangan daya listrik yang tersedia di Ambon sebesar 42,7 mega watt dalam mendukung aktivitas masyarakat, pemerintahan dan swasta.

Murad berharap kepada seluruh pemangku kepentingan dapat mendorong dan memanfaatkan tenaga listrik yang tersedia ini untuk kebutuhan-kebutuhan produktif masyarakat di Provinsi Maluku.

Terkait pemenuhan kelistrikan di wilayah Maluku, Gubernur menegaskan, pada prinsipnya, Pemda Provinsi Maluku mendukung sepenuhnya program PT.PLN (Persero) dalam menghadirkan listrik di daerah ini.

Ia juga berharap PLN dapat terus bersinergi dengan Pemda dalam menghadirkan pelayanan kelistrikan bagi masyarakat termasuk pada daerah-daeran terluar dan tertinggal di wilayah Maluku.

Pada kesempatan itu, berlangsung juga penyerahan plakat dari Direktur Utama PT. PLN Persero yang diwakili Direktur Bisnis Regional Sulawesi Maluku Papua Dan Nusa Tenggara, Adi Priyanto kepada Gubernur Maluku.

Turut hadir dalam peresmian, Direktur Utama PT. Indonesia Power, Muhammad Akhsin Sidqi, Direktur Produksi PT PAL Indonesia, Iqbal Fikri, Direktur Utama PT. Indonesia Power, Muhammad Akhsin Sidqi, Assisten Teritorial Kodam XVI Pattimura, Kol. Inf. Crhisbianto Arimurti, Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Maluku, Kombes Pol. Wirdenis Herman, dan General Manager PT. PLN Persero UIW Maluku & Maluku Utara, Adams Yogasara.

Editor: Husen Toisuta

View Comments

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024