Categories: Ambonku

Kapolda Maluku dan Pangdam Pattimura Tinjau Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon

Share

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa melakukan peninjauan arus mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah di Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon, Sabtu (20/4/2023).

Peninjauan arus mudik tersebut dilakukan dalam rangkaian kegiatan pengecekan kesiapan personel gabungan di sejumlah Pos Pelayanan dan Pengamanan perayaan Idul Fitri di kota Ambon.

Selain mengecek kesiapsiagaan dan menyapa personel gabungan TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan Instansi terkait, Kapolda dan Pangdam juga memberikan bantuan berupa paketan sembako.

Sejumlah pejabat utama baik dari Polda Maluku, maupun Kodam XVI/Pattimura turut mendampingi Kapolda dan Pangdam Pattimura.

Sejumlah Pos Pelayanan dan Pengamanan yang dikunjungi dua petinggi TNI dan Polri dimulai dari kawasan Batu Gantung, Masjid Raya Alfatah Ambon, Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Ambon Plaza.

Khusus di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, rombongan Kapolda dan Pangdam juga berkesempatan naik di atas KM. Ngapulu. Mereka sempat menyapa dan berbincang dengan warga yang melakukan mudik.

Selain penumpang, kedua jenderal bintang 2 di pundaknya ini, juga memantau dan berbincang dengan nahkoda kapal di ruang kendali KM Ngapulu, yang sementara sandar di dermaga.

“Pada prinsipnya semua petugas sudah siap dan kita berharap bahwa arus mudik dan nanti balik di wilayah Maluku ini dapat berjalan aman lancar,” kata Kapolda Lotharia Latif kepada wartawan.

Kapolda mengaku bersama Pangdam juga telah melakukan pengecekan kesiapan transportasi laut. Dan rata-rata masyarakat memilih menggunakan transportasi laut karena harganya yang mudah terjangkau.

“Kita sudah naik (di atas KM Ngapulu) dan kita cek semua ruang baik kelas ekonomi dan sebagainya, saya lihat sudah cukup baik dan saya berharap ini bisa dipertahankan,” kata Kapolda.

BACA JUGA: Cek Kesiapan PAM, Kapolda Maluku Pimpin Doa Keselamatan TNI-Polri di Papua

Kapolda mengaku berdasarkan keterangan pihak Kapal, penumpang KM Ngapulu yang mudik dari Ambon kurang lebih 2000 orang. “Ini sesuatu yang baik dan saya berharap kepada pihak Pelni betul-betul dapat menjaga aspek keselamatan, kesehatan, kemudian bagaimana nanti naik dan turunnya penumpang harus betul-betul dijaga dengan baik. Kemudian aspek keamanan di dalam kapal juga harus ditingkatkan,” pintanya.

Irjen Latif mengaku terkait layanan masyarakat dalam kapal, pihaknya juga sudah lakukan pengecekan dan semua sudah siap. “Mudah-mudahan pengalaman-pengalaman tahun lalu dapat menjadi pelajaran agar tahun ini dapat berjalan aman dan lancar,” harapnya.

Menurutnya, saat berbincang dengan penumpang, rata-rata mereka lebih memilih kapal Pelni. Selain harga tiketnya murah, pelayanannya juga bagus. “Sekarang sudah terjadi perubahan yang cukup baik, calon-calo tiket tidak lagi bisa beroperasi karena sistemnya sudah online. Ini yang diharapkan masyarakat dan kita berharap semua masyarakat bisa mudik dengan kapal ini dan terakomodir karena memang angkutan darat itu sangat terbatas,” tambahnya.

Terkait adanya aksi pencopetan, Kapolda mengaku pihaknya sudah mendirikan Pos Pengamanan di Pelabuhan. Selain adanya aparat, para penumpang juga diminta dapat menjaga barang bawaannya.

“Kami berharap masyarakat juga dapat menjaga sendiri barang bawaannya dan kita akan lakukan penegakan hukum apabila ada copet yang terjadi, tapi kami berharap tidak akan ada copet,” katanya.

Menyinggung terkait malam takbiran yang akan dilakukan masyarakat, Kapolda secara resminya kewenangan ada pada Pemerintah Kota Ambon. Kendati begitu, Ketua MUI sudah menghimbau masyarakat agar tidak melakukan takbiran keliling. “Tetapi kita tetap mengantisipasi pengamanan. Kalau nanti ada masyarakat yang melakukan takbiran kita sudah bisa antisipasi dan langkah-langkah yang kita siapkan baik itu pengalihan arus, dan penyekatan. Namun kita terus menghimbau agar takbiran keliling tidak dilakukan dan diharapkan bisa dilakukan di masjid-masjid masing-masing,” harapnya.

Senada dengan Kapolda Maluku, Pangdam Pattimura Ruruh A. Setyawibawa, mengaku, kehadiran kapal Pelni dengan harga yang terjangkau, menunjukkan adanya kehadiran negara bagi masyarakat.

“Jadi ini menunjukkan negara begitu atensi, perhatian terhadap masyarakat walaupun seperti ini, tapi inilah kontribusi negara yang cukup besar,” ungkapnya.

Untuk diketahui, selain Kapolda, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stpehen M. Napiun dan Irwasda Maluku bersama sejumlah pejabat utama lainnya melakukan hal serupa di sejumlah Pos pelayanan dan pengamanan.

Wakapolda Maluku mengecek kesiapan personel di Pos Pengamanan Air Salobar, Ongkoliong Desa Batu Merah, Jembatan Merah Putih (JMP) Poka, dan Pos Terpadu Bandara Pattimura Ambon.

Sementara Irwasda Maluku, Kombes Pol Jannus Parlindungan Siregar, melakukan pengecekan di Pos Pelayanan JMP Galala, Ambon City Center Passo, Pelabuhan Hurnala Tulehu, dan Hunimua Liang.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024