Categories: Hukum KriminalMaluku

OKP Cipayung Diminta tidak Ragu Polri dalam Demokrasi

Share

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi Wakapolda Brigjen Pol Jan de Fretes, meminta OKP Cipayung Plus (HMI, GMNI, GMKI, PMKRI, PMII, IMM, KAHMI), wilayah Kota Ambon dan Maluku agar tidak ragu terhadap polri dalam menegakkan demokrasi.

Hal itu disampaikan saat bertemu dalam kegiatan silaturahmi yang dirangkai dengan coffee morning di Rupatama Mapolda Maluku, Kota Ambon, Senin (14/3/2022).

“Silaturahmi bersama OKP telah diagendakan sejak saya dilantik. Ini penting untuk dilakukan. Rekan-rekan merupakan generasi penerus bangsa, calon-calon pimpinan masa depan,” katanya.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur ini mengaku Pemerintah saat ini sedang bekerja keras, baik itu menghadapi beberapa agenda nasional, internasional, maupun lokal, khususnya di Provinsi Maluku.

“OKP Cipayung juga memegang peranan penting dan strategis dalam mewujudkan era demokrasi saat ini. Salah satu ciri demokrasi adalah menjunjung tinggi HAM, menegakkan hukum, jadi teman-teman tidak perlu ragu tentang demokrasi dari perspektif kepolisian. Karena Polri juga melakukan reformasi. Saat demokrasi tahun 1999, maka Polri sudah melakukan yang disebut RBP atau Reformasi Birokrasi Polri,” jelasnya.

Lotharia mengaku sejak reformasi bergulir, Polri telah melaksanakan 3 tahapan reformasi, pertama trust building (kepercayaan masyarakat), patnership building (kemitraan masyarakat) dan sekarang adalah straigh for action.

“Jadi teman-teman harus saya yakinkan, jangan ada keraguan terhadap Polri dalam perspektif demokrasi, karena ini juga arahan dari pimpinan kami Bapak Kapolri dengan program Presisi-nya,” sebut dia.

Sebelumnya di tempat yang sama, Crishtian A. Retob, Ketua PMKRI Cabang Ambon, dalam sambutannya mewakili OKP Cipayung Plus menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas silaturahmi yang dilakukan Kapolda Maluku saat ini.

Christian mengaku silaturahmi yang dilakukan hari ini merupakan salah satu momen langkah yang dilakukan Kapolda Maluku. Sebab, silaturahmi ini jarang sekali dilakukan pimpinan sebelumnya.

“Sebelumnya jarang sekali dan sangat langkah untuk bersilaturahmi dengan kami selaku representasi dari komponen pemuda, yang mana sama-sama punya visi misi dalam membangun Maluku ke arah yang lebih baik ke depan,” katanya.

Silaturahmi hari ini, kata dia, diharapkan dapat dikemas dalam pertemuan yang bisa menyatukan persepsi serta pandangan-pandangan baik ke depan.

“Sehingga proses ini bukan hanya berakhir pada hari ini saja tapi akan berkelanjutan sampai kepemimpinan bapak Lotharia Latif selesai,” harapnya.

Menutup sambutan singkatnya, Christian mengaku bahwa “lembaga yang besar tidak membutuhkan pempinan yang cerdas, tapi dapat menempatkan orang-orang cerdas di sekeliling dirinya.”

Untuk diketahui, para pejabat utama Polda Maluku yang turut hadir dalam kegiatan coffee morning adalah Karo Ops, Direktur Binmas, Direktur Intelkam, Kabid Propam, dan Kabid Humas Polda Maluku.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Ini Kronologis Kecelakaan di Asilulu, Satu Meninggal, 10 Terluka, Kapolsek: Mobil Tak Mampu Menanjak

AMBONKITA.COM,- Terungkap penyebab terjadinya kecelakaan tunggal yang menewaskan satu orang penumpang di desa Asilulu, Kecamatan…

04/28/2024

Mobil Penumpang Terbalik di Asilulu, Satu Meninggal

AMBONKITA.COM,- Sebuah mobil penumpang berwarna oranye terbalik di tanjakan jalan desa Asilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten…

04/27/2024

Mantan Wali Kota Tual Jadi Tersangka, Begini Penjelasan Direktur Krimsus

AMBONKITA.COM,- Penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku menetapkan Adam Rahayaan, mantan Wali Kota Tual, sebagai tersangka kasus…

04/26/2024

Sadali Ie Kini Penjabat Gubernur Maluku

AMBONKITA.COM,- Sadali Ie, Sekda Provinsi Maluku resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Maluku. Ia dilantik Menteri…

04/26/2024

Kapolda Sidak Proses Rekrutmen Polri di SPN Passo

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, melakukan sidak proses rekrutmen Polri di SPN Polda…

04/26/2024

Mahasiswa di Ambon Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBONKITA.COM,- Marcelino Lattu, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di kota Ambon, ditemukan tewas gantung diri…

04/26/2024